Kerugian Akibat Kebakaran Pabrik Plywood Donorojo Capai Rp 200 Juta

oleh -1.784 views
Kebakaran pabrik plywood di Donorojo. (Foto: RAPI Pacitan)
Kebakaran pabrik plywood di Donorojo. (Foto: RAPI Pacitan)

Pacitanku.com, DONOROJO – Sebuah pabrik pengolahan kayu lapis (plywood) untuk pembuatan triplek di Kecamatan Donorojo, Pacitan mengalami musibah kebakaran pada Senin (13/2/2017) sekitar pukul 12.00 WIB kemarin.

Api dengan menghanguskan salah satu gudang tempat proses pengolahan kayu lapis atau ruang cadi (ruang tempat proses oven) dimana di ruangan itu banyak bahan-bahan yang mudah terbakar. Apalagi dengan adanya kondisi angin yang kencang membuat api semakin berkobar-kobar.

Akibat kejadian tersebut, ratusan lembar kayu lapis terbakar. Api juga membakar ribuan kubik kayu olahan milik Jaya 65 di Pabrik Triplek PT. TOP Donorojo  yang terletak dikawasan Dusun Kebon, Desa/Kecamatan Donorojo itu.




Kebakaran yang meludeskan bagian pabrik Plywood ditimbulkan berasal dari mesin yang di pakai untuk meng oven kayu lapis mengalami kebocoran. Sehingga menimbulkan percikan api yang menyulut ke bahan-bahan mudah terbakar yaitu kayu lapis. Api pun kemudian dengan cepat menyebar hingga seluruh ruang penyimpanan dan prosesing playwood terbakar.

“Kerugian akibat kebakaran ini mencapai Rp 200 juta, tak ada korban jiwa maupun luka-luka, karena pada waktu kejadian kebakaran, karyawan-karyawan sedang istirahat siang, dan tak satupun yang berada di lokasi kejadian,”papar Yadi, Manajemen Perusahaan PT TOP Donorojo.

Sekitar pukul 13.00 WIB, api berhasil dipadampkan setelah Dinas Pemadam Kebakaran Pacitan mendatangkan dua unit mobil pemadam kebakaran . Api berhasil dijinakkan dalam waktu 45 menit dengan menggunakan 2 unit armada pemadam kebakaran. Selain itu, petugas Polsek Donorojo kemudian melakukan olah TKP. (RAPP002)