Hajatan ke-272, Pacitan Luncurkan Gending Jawa “Palagan Tumpak Rinjing”

oleh -102.478 views
Rangkaian karawitan sekaligus peluncuran lagu Palagan Tumpak Rinjing. (Foto: Ronny Wahyono/FB)
Rangkaian karawitan sekaligus peluncuran lagu Palagan Tumpak Rinjing. (Foto: Ronny Wahyono/FB)

Pacitanku.com, PACITAN – Jelang peringatan hari jadi Pacitan (Hajatan) ke-272, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan secara resmi meluncurkan gending berjudul “Palagan Tumpak Rinjing” pada Sabtu (11/2/2017) di Kompleks Pendopo Kabupaten Pacitan.

Peluncuran gending tersebut langsung dilakukan oleh Bupati Pacitan Drs H Indartato MM melalui pemukulan gong, dirangkaikan dengan pembukaan Festival Karawitan tingkat Pelajar se-Kabupaten Pacitan.

“Semoga memperkaya khazanah seni di daerah kita tercinta,”kata Indartato sebagaimana dilansir laman Pemkab Pacitan.




Sementara, Ketua Dewan Harian Cabang (DHC) 45 Kabupaten Pacitan, Imam Haryono yang hadir dalam kegiatan tersebut mengaku bangga dengan terciptanya gending bernuansa perjuangan tersebut.

Dipilihnya tema Palagan Tumpak Rinjing bukan tanpa alasan. Menurutnya, situs sejarah di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku itu menjadi saksi bisu perjuangan melawan penjajah. Sesepuh yang juga aktif sebagai pembina kelompok nelayan ini menjelaskan, Tumpak Rinjing memiliki ikatan sejarah tak terpisahkan dengan perlawanan rakyat Pacitan saat Agresi Militer Belanda ke-2.

“Bahkan banyak di antaranya gugur saat menyergap pasukan musuh di lokasi tersebut, nilai-nilai kejuangan itulah yang harus diwarisi oleh generasi sekarang. Mudah-mudahan melalui karya seni seperti gending upaya penguatan nilai nasionalisme lebih efektif,” jelasnya. (RAPP002)