Begini Kata Bupati Pacitan Soal Perjuangan Raih Rapor B Kinerja Pemkab

oleh -Dibaca 1.236 kali
Bupati Indartato usai menerima rapor B kinerja Pemkab dari Kemenpan RB. (Foto: Rakhmad Adi Mandego)
Bupati Indartato usai menerima rapor B kinerja Pemkab dari Kemenpan RB. (Foto: Rakhmad Adi Mandego)

Pacitanku.com, SURABAYA – Kabupaten Pacitan meraih rapor B pada Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) wilayah regional II tahun 2016. Penyerahan LHE AKIP tersebut diberikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur kepada Bupati Pacitan Indartato, Selasa (31/1/2017) di kantor Gubernur Jawa Timur, Kota Surabaya.

Atas penghargaan itu, Indartato mengapresiasi atas kinerja seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten dan masyarakat Pacitan. “Terima kasih kepada seluruh jajaran Pemkab Pacitan dan seluruh masyarakat Pacitan, atas kinerja dan dukungannya sehingga Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) Kabupaten  2016, Pemkab Pacitan mendapat predikat B,”katanya Selasa kemarin.

Menurut Indartato, raihan nilai B merupakan peningkatan berarti dibanding tahun sebelumnya. Saat itu hasil pelaporan dari Pemerintah Kabupaten Pacitan baru memperoleh predikat CC. Sejak saat itu, upaya pembenahan terus dilakukan. “Ini berlaku sejak perencanaan, pelaksanaan, hingga pengawasan kegiatan. Kata kuncinya, semua harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku,”paparnya saat menceritakan upaya Pemkab mendapatkan predikat tersebut.

Lebih lanjut, Indartato mengatakan bahwa LHE AKIP bersifat menyeluruh menyangkut semua aspek sejak kegiatan direncanakan hingga selesai seluruhnya. Dia pun berharap prestasi yang diraih kali ini akan memacu semangat seluruh Perangkat Daerah meningkatkan kinerja di masa datang.




“Kami berharap seluruh jajaran Aparat Sipil Negara (ASN) menyadari sepenuhnya jika mereka merupakan pelayan masyarakat. Sebagai abdi, semua aktivitas yang dilakukan di lingkup kerja harus mengacu pada Azas Penyelenggaraan Pemerintahan. Salah satunya adalah taat hukum, selain masih ada azas lain yang tak kalah penting yakni sistem perencanaan meliputi penghitungan waktu serta biaya sehingga hasil akhir,”pungkasnya.

Untuk wilayah regional II pada tahun 2016 terdapat satu pemerintah daerah yang berhasil meraih predikat A yaitu Kabupaten Banyuwangi, disamping itu terdapat 3 kabupaten/kota yang meraih predikat BB yaitu Kabupaten Badung, Kota Malang, dan Kabupaten Tulungagung. Di wilayah tersebut pun terdapat 31 kabupaten/kota dengan predikat B, kemudian 61 kabupaten/kota dengan predikat CC, serta 50 kabupaten/kota dengan predikat C, dan satu kabupaten dengan predikat  D.