Targetkan Kunjungan Wisata 2017 Capai 1,7 Juta, Pemkab  Genjot Bangun Infrastuktur OW

oleh -Dibaca 1.633 kali
Indartato dan para pejabat SKPD di Pacitan saat mengunjungi Pantai Watukarung, Rabu (25/1/2017). (Foto: Doc Info Pacitan)
Indartato dan para pejabat SKPD di Pacitan saat mengunjungi Pantai Watukarung, Rabu (25/1/2017). (Foto: Doc Info Pacitan)

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Pemerintah Kabupaten Pacitan tak main-main dalam pembangunan sektor potensial di Pacitan, salah satunya sektor pariwisata. Tahun ini, Pemkab menargetkan angka kunjungan wisatawan mencapai 1,75 juta kunjungan atau meningkat dibandingkan tahun 2016 lalu dengan target pendapatan asli daerah (PAD) Rp 10,2 miliar.

Data pada tahun lalu, angka kunjungan wisata ke Pacitan mengalami peningkatan signifikan. Selama 2016, jumlah wisatawan Bumi Kelahiran SBY mencapai 1,57 juta kunjungan. Angka sebanyak itu sekaligus menyumbangkan PAD sebesar Rp 9,5 miliar.

“Sektor pariwisata memerlukan perhatian lebih untuk ditangani, tujuannya menumbuhkan ekonomi kreatif terutama bagi masyarakat yang tinggal di sekitar obyek wisata. Di Pacitan banyak wisata, hanya saja belum seluruhnya dikelola dengan baik,”kata bupati Pacitan Drs H Indartato MM saat mendampingi investor mengunjungi Pantai Srau, Rabu (25/1/2017) kemarin, sebagaimana dikutip laman Pemkab Pacitan.

Indartato mengakui bahwa saat ini tren wisata masih terfokus di wilayah barat Kabupaten Pacitan. Namun ke depan kondisi semacam itu diharapkan merata ke semua wilayah. “Karena di hampir semua wilayah terdapat obyek wisata dengan daya tariknya masing-masing,”katanya lagi.




Untuk memacu peningkatan kunjungan, Indartato pun menargetkan penyelesaian pembangunan kawasan barat hingga tahun 2019. Pemkab terus menyempurnakan infrastruktur jalan menuju obyek wisata terutama akses masuk Pantai Klayar.

“Penambahan prasarana juga dilakukan di Pantai Srau dan Pantai Pancer Door. Di antaranya berupa jogging track, tempat ibadah, dan MCK,”tandasnya.

Senada dengan Indartato, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Endang Surjasri mengungkapkan bahwa Pemkab melalui dinas yang dipimpinnya aktif membina Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis) dan membentuk Tim Koordinasi Pengembangan Pengembangan Pariwisata Pacitan.”Tim terdiri dari semua unsur Perangkat Daerah dan akan bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing,”katanya.

Selain mengunjungi Pantai Srau, rombongan investor dan Pemkab juga meninjau Pantai Pancer dan Pantai Tamperan di Pacitan, Pantai Watukarung Pringkuku, menyusuri Sungai Maron dan Pantai Klayar di Kecamatan Donorojo. Mengakhiri perjalanan, rombongan menikmati panorama Goa Gong di Desa Bomo, Kecamatan Punung. (RAPP002)