Satlak P4GN/BNK Pacitan Diminta Rutin Gelar Razia Narkoba

oleh -Dibaca 1.257 kali
Ilustrasi Razia Narkoba.
Ilustrasi Razia Narkoba.

Pacitanku.com, PACITAN – Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo meminta satuan pelaksana (Satlak) Pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba/Badan Narkotika dan Obat Terlarang Kabupaten (P4GN/BNK) Pacitan untuk terus secara rutin menggelar razia tempat-tempat hiburan lokasi-lokasi yang rawan akan peredaran barang haram tersebut.

Menurut Yudi Sumbogo yang juga ketua Satlak P4GN/BNK Pacitan, hal itu dilakukan untuk memberantas peredaran narkoba. Di sisi lain, upaya razia tersebut digelar untuk menekan penularan Human Immuno Deficiency Virus/ Acquired Immuno Deficiency Syndrome (HIV/AIDS).

“Selain Narkoba kita juga mencoba menekan penularan penyakit HIV/AIDS, sebab berdasarkan data yang dipublikasikan oleh Dinas Kesehatan tercatat sejak ditemukan pada 2005 hingga November 2016, jumlah penderita HIV/AIDS di Pacitan mencapai 259 orang,”ujar  saat gelar apel gabungan razia narkoba di Pacitan, baru-baru ini.

Dari jumlah tersebut, kata mantan Legislator Partai Demokrat ini, sebanyak 116 penderita di antaranya telah meninggal dunia. “Kecamatan Tulakan diketahui merupakan wilayah yang paling banyak penderitanya, seperti di Puskesmas Bubakan misalnya, ada 30 orang dengan HIV/AIDS (ODHA) yang masih menjalani perawatan maupun pengobatan secara insentif,”ungkapnya.


Usai gelar apel, personel gabungan dari Satlak P4GN/BNK Pacitan langsung melaksanakan razia narkoba mendadak di beberapa tempat hiburan yang ada di wilayah Kabupaten Pacitan, Rabu (7/12/2016) lalu.

Satlak P4GN/BNK Pacitan yang terdiri dari personel Satuan Res Narkoba Polres Pacitan, Dnas Kesehatan, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pacitan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan ini digelar di sejumlah titik, diantaranya di tempat hiburan malam Marcopolo, Latansa dan Gili Family.

“Personel gabungan Satlak P4GN Pacitan melaksanakan razia tempat hiburan karaoke seperti Marcopolo, Latansa, dan Gili Family dengan sasaran utamanya adalah penyalahgunaan dan peredaran Narkoba dan penyebaran penyakit HIV/AIDS,” kata Kasat Narkoba Polres Pacitan AKP M Agung.

Menurut Agung, kegiatan razia yang dilaksanakan di beberapa tempat hiburan di Pacitan tersebut menyasar tentang penyalahgunaan narkoba dan HIV AIDS yang mulai menujukan peningkatan secara segnifikan, Maka dari itu kita akan selalu rutin mengadakan Razia untuk menekan peradaran Narkoba khususnya.

“Dari hasil kegiatan razia di beberapa tempat hiburan oleh tim gabungan Satlak P4GN Pacitan pada hari tersebut tidak didapatkan hasil sesuai sasaran yaitu pernyalahgunaan narkoba dan HIV/AIDS,”pungkasnya. (RAPP002)