Pacitan Terapkan Pendidikan untuk Semua Bagi Difabel

oleh -Dibaca 1.818 kali
Indartato saat peringatan Hari Difabel di Pacitan.
Indartato saat peringatan Hari Difabel di Pacitan.
Indartato saat peringatan Hari Difabel di Pacitan.

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan berkomitmen menciptakan ruang yang layak bagi penyandang difabilitas.Pernyataan ini disampaikan Bupati Indartato, dalam peringatan Hari Difabel Internasional di kompleks Pendopo Pacitan, Senin (5/12/2016).

Menurut Indartato, para kaum difabel tersebut juga memiliki hak dan kesempatan sama seperti halnya yang lain. Ia menjanjikan, mulai tahun depan pendopo kabupaten akan menjadi contoh. Sebagai rumah rakyat, pendopo saat ini belum dilengkapi infrastruktur khusus bagi penyandang difabel. Misalnya, jalur tersendiri bagi pemakai kursi roda untuk dapat naik ke pendopo.

Hal lain yang tak kalah penting menurut Bupati Indartato adalah, kebutuhan akan pendidikan. Seperti diketahui, Kabupaten Pacitan sudah menerapkan Pendidikan Untuk Semua (PUS) termasuk bagi penyandang difabel.

Namun faktanya, mereka yang ingin belajar dilembaga formal selama ini terpaksa mengikuti pembelajaran tanpa didampingi guru inklusi. Hal itu dikarenakan, belum adanya tenaga pendidik khusus tersebut. “Kita belum memiliki guru khusus yang memadai bagi mereka, padahal, Anak-anak dengan kebutuhan khusus di sekolah formal cukup banyak mencapai lebih dari 400 anak,”ujarnya, dilansir laman Pemkab.




Untuk itu Bupati Indartato akan berupaya keras memenuhi kebutuhan guru inklusi tersebut. Salah satunya dengan meminta kepada pemerintah yang lebih atas. Hal Senada juga disampaikan Totok Hartoyo, salah seorang pembimbing anak-anak difabel di Pacitan.

Sebagai pendamping anak dengan kebutuhan khusus Totok banyak berharap fasilitas umum semakin ramah bagi penyandang difabel.” Sebagai bentuk penyadaran bagi masyarakat kita sering kampanyekan prestasi anak-anak penyandang difabel,”ungkapnya. 

Hari Difabel Internasional di Pacitan diperingati cukup meriah. Hadir di Pendopo Kabupaten anak-anak berkebutuhan khusus se-kabupaten Pacitan. Mereka mempertontonkan prestasi dan kreasi dalam bentuk pertunjukan seni.

Sebelum menuju pendopo mereka juga menggelar aksi simpatik, membagikan bunga kepada pengguna jalan di sepanjang jalur jalan Ahmad yani. (Riz/RAPP002)