Gelar Apel Nusantara Bersatu, Dandim 0801 Pacitan: Untuk Satukan Elemen Bangsa

oleh -1.200 views
Apel Nusantara bersatu di Pacitan. (Foto: Arif Sasono/Info Pacitan)
Apel Nusantara bersatu di Pacitan. (Foto: Arif Sasono/Info Pacitan)
Apel Nusantara bersatu di Pacitan. (Foto: Arif Sasono/Info Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN РRibuan masyarakat dari berbagai unsur, Rabu (30/11) memadati alun-alun Pacitan. Mereka datang untuk menghadiri apel besar Nusantara Bersatu yang digawangi oleh Makodim 0801 Pacitan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mempersatukan seluruh elemen bangsa menuju Indonesia yang lebih baik,”kata Komandan Kodim 0801 Pacitan Letkol Infanteri Yudhi Dilianto.

Dalam acara tersebut hadir unsur pimpinan daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemuda. Masing – masing menyampaikan orasi kebangsaan membakar semangat nasionalisme kepada para peserta aksi. “Hari ini ada karena buah perjuangan pendahulu kita dan sebagai generasi penerus kita punya kewajiban menjadikan hari esok lebih baik,” ujar Bupati Indartato dalam orasinya.




Pun demikian dengan orasi tokoh agama Sodiq Suja’. Ulama besar Pacitan itu menyampaikan rasa haru dan bangganya akan kegiatan ini. Namun demikian menurutnya, hal seperti ini jangan hanya untuk sesaat tapi harus terus digelorakan. “Negeri ini oleh Allah dititipkan kepada kita semua untuk kemaslahatan. Jangan sampai karena ulah oknum yang tidak bertanggung jawab negeri ini akan tercerai beri,”¬†tandasnya.

Pekik kemerdekaan tak henti hentinya diteriakan ribuan peserta aksi. Lagu-lagu kebangsaan juga berkumandang menggugah rasa nasionalisme. Memakai ikat kepala merah putih seluruh peserta aksi sepakat bahwa empat pilar yakni, Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal ika Dan NKRI adalah harga mati.

Senyampang dengan apel besar Nusantara Bersatu, sehari sebelumnya jajaran kepolisian Pacitan juga melakukan kegiatan serupa. Hanya saja dalam kegiatan tersebut dilaksanakan terbatas. Bertempat di Pendopo Kabupaten, Kapolres Pacitan melakukan dialog dengan sejumlah unsur. Mulai dari Kepala desa, tokoh agama, tokoh masyarakat serta Ormas se Kabupaten Pacitan. (Riz/Pemkab/RAPPoo2)