Pemkab Pacitan Siapkan Dana Rp 150 Juta untuk Percantik Taman Kota

oleh -2.883 views
Kini ada tulisan taman alun-alun Pacitan. (Foto: Lies Yulianto/Pasangmata)
Kini ada tulisan taman alun-alun Pacitan. (Foto: Lies Yulianto/Pasangmata)
Kini ada tulisan taman alun-alun Pacitan. (Foto: Lies Yulianto/Pasangmata)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemkab Pacitan tidak eman merogoh kocek untuk mempercantik tampilan kota. Di penghujung 2016, dana sekitar Rp 150 juta digelontorkan untuk menata sejumlah taman kota. Mulai dari Taman Bapangan, Cuwik dan Penceng.

Kabid Kebersihan Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Kebersihan (DCKTRK) Pacitan Happy Dwi Handoko Edy mengatakan, penataan taman kota tersebut nantinya berupa penambahan lampu akrilik. ‘’Lampu tersebut dibentuk seperti tulisan masing-masing taman. Bentuknya menyerupai lampu di Alun-Alun Pacitan,’’ ujarnya, kemarin (26/11).




Happy mengatakan, memiliki waktu sebulan untuk menyelesaikan dan memasang lampu hias tersebut. Sedangkan, pengerjaannya melalui proses penunjukkan langsung (PL). Penambahan ornamen lampu akrilik di beberapa taman kota tersebut sudah direncanakan matang. Selain bertujuan sebagai ikon atau identitas daerah, juga untuk mempercantik tampilan wajah kota Pacitan. ‘’Dijadikan ikon, sekaligus penunjuk arah bagi pengunjung dari luar daerah yang tersesat di wilayah kota,’’ ungkapnya.

Bupati Pacitan Indartato mengatakan, penambahan lampu akrilik di sejumlah taman kota itu dibuat untuk mempercantik daerah sebagai ruang publik. Namun demikian, ia juga berharap masyarakat bisa memanfaatkan dan merawatnya secara bersama-sama. ‘’Saya berharap taman kota ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk santai. Tentu dengan dirawat secara bersama-sama,’’ ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, selain melakukan penataan sejumlah taman kota, tahun ini pemkab juga membenahi tampilan Alun-Alun Pacitan. Rencananya, anggaran sebesar Rp 4 miliar digelontorkan untuk mempercantik jantung kota tersebut. Mulai dari penambahan air mancur, ruang bermain bagi anak-anak, pemindahan para pedagang kaki lima dan taman kering. (her/yup/RAPP002)

Sumber: Radar Madiun