2 Rumah Warga di 2 Kecamatan Tertimbun Longsor

oleh -795 views
Bencana tanah longsor meratakan rumah warga di Kebonagung. (Foto: Guntur)
Bencana tanah longsor meratakan rumah warga di Kebonagung. (Foto: Guntur)
Bencana tanah longsor meratakan rumah warga di Kebonagung. (Foto: Guntur)

Pacitanku.com, PACITAN – Sebanyak dua rumah warga dilaporkan tertimbun tanah longsor setelah hujan semalaman yang terjadi di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Jumat (18/11/2016). Tidak ada korban jiwa dalam musibah tanah longsor yang terjadi tadi pagi.

“Dua rumah yang terkena longsoran tanah yakni milik Misman, warga Desa Ngunut, Kecamatan Bandar dan Sumardi, warga Desa Cemeng, Kecamanatan Donorojo,” kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pacitan Pujono dilansir¬†Kompas.com, Jumat malam.

Untungnya longsoran tanah dari bukit belakang rumah korban tidak menimbun seluruh bangunan rumah. Material longsor hanya mengenai bagian belakang rumah.




Warga setempat bahu-membahu membantu membersihkan material dari rumah yang terkena longsor.

Menurut Pujono, dalam 4 bulan terakhir sudah seratusan rumah terkena longsoran tanah di Kabupaten Pacitan.

Rata-rata masyarakat di Pacitan kebanyakan memiliki rumah yang tak jauh dari tebing tinggi.

Kondisi struktur tanah yang labil menjadikan tanah mudah longsor saat terkena guyuran hujan deras.

Ia mengimbau kepada warga untuk waspada karena puncak hujan akan terjadi Desember, Januari, dan Februari. Kewaspadaan itu terutama bagi warga yang menempati di tebing-tebing.

Pujono menyampaikan bahwa Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pacitan belum mendirikan posko pengungsian. Namun, ia sudah mempersiapkan tenaga di wilayah untuk segera melaporkan ke BPBD bila terjadi sewaktu-waktu bencana alam. (RAPP002)