Pacitan Gelar Pemilihan Qari dan Qariah dalam MTQ 2016

oleh -Dibaca 1.396 kali

mtqPacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan menggelar pemilihan qari dan qariah dalam Musabaqoh Tilawatil Qur`an (MTQ) tingkat Kabupaten pada Kamis (17/11/2016) kemarin di Gedung Karya Dharma Pacitan.

Sebanyak 156 qari’ dan qariah perwakilan 12 kecamatan serta pelajar se wilayah kota Pacitan ini merupakan yang terbaik dalam seleksi kecamatan. Rencananya, para pemenang yang terdiri dari enam kategori itu akan berkompetisi mewakili Pacitan dalam MTQ tingkat Provinsi yang akan digelar di Pasuruan.

Adapun, enam kategori yang dilombakan antara lain adalah kategori tartil qur’an, kategori MTQ anak-anak, MTQ remaja dan MTQ dewasa. Dua kategori lain adalah kategori Syahril Qur’an serta Khat qur’an. Untuk kategori Syahril Qur’an beregu, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pacitan berhasil meraih juara pertama.




Bupati Indartato mengapresiasi digelarnya acara tersebut, karena selain menyiapkan calon-calon duta Pacitan dalam even MTQ tingkat Provinsi, ajang ini juga bertujuan memupuk keimanan dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT di kalangan umat Islam.

Selain itu juga melestarikan seni budaya Al Qur`an (Qira`at) dan meningkatkan pemahaman tafsir Al Qur`an serta memupuk rasa ukhuwah islamiyah antarumat Islam khususnya umat Islam di Pacitan.

Indartato pun berharap kegiatan tersebut rutin digelar.“Kegiatan keagamaan merupakan wahana untuk membentuk karakter generasi ditengah terjangan arus global yang pesat, sehingga tentu saja tidak sebatas dalam lomba, namun juga harus mampu diterapkan dalam perilaku sehari hari,”jelasnya. (RAPP002)