Pacitan Borong 5 Penghargaan dalam Upacara Peringatan HUT Jatim ke 71

oleh -13850 views
Bupati Indartato menerima penghargaan dari Gubernur Jatim. (Foto: Rakhmad Adi Mandego)
Bupati Indartato menerima penghargaan dari Gubernur Jatim. (Foto: Rakhmad Adi Mandego)
Bupati Indartato menerima penghargaan dari Gubernur Jatim. (Foto: Rakhmad Adi Mandego)

Pacitanku.com, SURABAYA – Kabupaten Pacitan sukses memborong lima penghargaan sekaligus yang diberikan oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo saat dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Jawa Timur ke 71, Rabu (12/10/2016) di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Kelima penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur kepada Bupati Indartato, diantaranya adalah Desa Mantren Kecamatan Kebonagung, yang meraih juara I Penilaian Kinerja Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2016 dengan klasifikasi desa.

Penghargaan kedua adalahDesa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo sebagai terbaik kategori madya bidang kemandirian lomba desa/kelurahan tangguh bencana tingkat provinsi tahun 2016. Kemudian, penghargaan berikutnya adalah forum Pacitan Sehat Pacitan yang lolos 8 tatanan verifikasi penilaian kabupaten/kota sehat tingkat provinsi tahun 2016.

Selanjutnya, untuk kategori kinerja bupati, Indartato meraih juara I lombar ehabilitasi hutan dan lahan, penanaman dan pemeliharaan pohon tingkat Provinsi tahun 2015 untuk kategori kinerja bupati. Untuk kategori budaya, Pacitan juga mendapatkan berkah, dimana budaya khas Pacitan, wayang beber didapuk sebagai warisan budaya takbenda Indonesia yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 20 Oktober 2015 oleh menteri pendidikan dan kebudayaan Anies Baswedan.

Baca juga: Wayang Beber Pacitan Ditetapkan Jadi Warisan Budaya Nasional

Gubernur Soekarwo mengatakan dalam momentum HUT ke 71 Jatim ini, dirinya berharap menjadi tumpuan atau pengungkit pertumbuhan ekonomi Indonesia.“Jawa Timur saat ini sebagai mesin lokomotif pertumbuhan sosial dan ekonomi nasional,”ungkapnya. Oleh sebab itu sangat diharapkan adanya kerja keras, kerja sama seluruh elemen masyarakat.

Adapun, peringatan Hari Jadi ke 71 Provinsi Jatim dimulai sejak tanggal 27 September hingga pertengahan bulan Nopember 2016 dengan agenda antara lain sebagai berikut : launcing Hari Jadi ke 71 Provinsi Jatim dilanjutkan senam bersama dan pertandingan persahabatan bola voli bersama antara tim bola voli gubernur, tim bola voli Bakorwil , tim bola voli Bank Jatim, tim bola voli Bank UMKM, Cangkrukan di JTV, dialog interaktiv “Ajang Wadul” di TVRI Jawa Timur.

Acara lainnya yang diminati masyarakat adalah Jatim Fair yang diadakan di Grand City Surabaya mulai tanggal 5 sampai dengan 16 Oktober 2016, Festival seni nusantara, bhakti sosial, lomba, Lomba Cipta Menu Kreasi, Agenda lainnya Sidang Paripurna DPRD Jawa Timur, Jalan Sehat bersama masyarakat. Untuk membudayakan budaya lokal diadakan pula Festival Sapi Sono dan Karapan Sapi di Madura, serta pertunjukan wayang kulit semalam suntuk. (RAPP002)