Pacitan Raih 5 Penghargaan, Bupati: Tingkatkan Semangat Membangun Masyarakat

oleh -13680 views
Bupati Indartato menerima penghargaan dari Gubernur Jatim. (Foto: Rakhmad Adi Mandego)
Bupati Indartato menerima penghargaan dari Gubernur Jatim. (Foto: Rakhmad Adi Mandego)
Bupati Indartato menerima penghargaan dari Gubernur Jatim. (Foto: Rakhmad Adi Mandego)

Pacitanku.com, SURABAYA – Kabupaten Pacitan sukses memborong lima penghargaan sekaligus yang diberikan oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo saat dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Jawa Timur ke 71, Rabu (12/10/2016) di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Atas penghargaan tersebut, Bupati Indartato menyampaikan bahwa sukses tersebut merupakan milik seluruh masyarakat Kabupaten Pacitan. “Sebab, tugas pokok pemerintah menyejahterakan rakyat tidak mungkin berhasil tanpa keterpaduan dan kesadaran semua pemangku kepentingan termasuk masyarakat,”katanya usai menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Baca juga: Pacitan Borong 5 Penghargaan dalam Upacara Peringatan HUT Jatim ke 71

Dirinya pun berharap, dengan raihan penghargaan terbanyak yang pertama kali diborong Kabupaten Pacitan dalam event tingkat provinsi makin meningkatkan semangat membangun bagi terciptanya masyarakat sejahtera.

“Selain, itu kami berharap seluruh elemen yang ada tetap mengedepankan persatuan dan menanggalkan perbedaan. Ini karena beragam pekerjaan rumah, semisal kemiskinan, pendidikan, dan kesehatan merupakan masalah bersama Penyelesaiannya pun juga harus dilakukan bersama-sama,”jelasnya.

Diberitakan sebelumnya di Pacitanku.com, kelima penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur kepada Bupati Indartato, diantaranya adalah Desa Mantren Kecamatan Kebonagung, yang meraih juara I Penilaian Kinerja Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2016 dengan klasifikasi desa.

Penghargaan kedua adalah Desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo sebagai terbaik kategori madya bidang kemandirian lomba desa/kelurahan tangguh bencana tingkat provinsi tahun 2016. Kemudian, penghargaan berikutnya adalah forum Pacitan Sehat Pacitan yang lolos 8 tatanan verifikasi penilaian kabupaten/kota sehat tingkat provinsi tahun 2016.

Selanjutnya, untuk kategori kinerja bupati, Indartato meraih juara I lombar ehabilitasi hutan dan lahan, penanaman dan pemeliharaan pohon tingkat Provinsi tahun 2015 untuk kategori kinerja bupati. Untuk kategori budaya, Pacitan juga mendapatkan berkah, dimana budaya khas Pacitan, wayang beber didapuk sebagai warisan budaya takbenda Indonesia yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 20 Oktober 2015 oleh menteri pendidikan dan kebudayaan Anies Baswedan.

Baca juga: Wayang Beber Pacitan Ditetapkan Jadi Warisan Budaya Nasional

Gubernur Soekarwo mengatakan dalam momentum HUT ke 71 Jatim ini, dirinya berharap menjadi tumpuan atau pengungkit pertumbuhan ekonomi Indonesia.“Jawa Timur saat ini sebagai mesin lokomotif pertumbuhan sosial dan ekonomi nasional,”ungkapnya.

Adapun, peringatan Hari Jadi ke 71 Provinsi Jatim dimulai sejak tanggal 27 September hingga pertengahan bulan Nopember 2016 mendatang. (RAPP002)