Desa Ngadirejan Wakili Pacitan Ikut Lomba Pemberdayaan Perempuan Tingkat Provinsi

oleh -698 views

ngadirjanPacitanku.com, PRINGKUKU – Desa Ngadirejan, Kecamatan Pringkuku mewakili Kabupaten Pacitan dalam penilaian tingkat provinsi lomba Program terpadu peningkatan peran wanita menuju keluarga sehat sejahtera (P2WKSS). Terpilihnya Desa Ngadirejan bukan tanpa alasan karena terbukti desa di Kecamatan Pringkuku itu memiliki potensi yang kuat dalam pemberdayaan kaum perempuan.

“Empat tahun saya pernah menjadi camat pringkuku dan saya yakin Desa Ngadirejan mampu menjadi yang terbaik,” terang Bupati Indartato, Rabu.

Menurut Bupati, program P2WKSS merupakan sebuah upaya meningkatkan sumber daya manusia menuju masyarakat sejahtera dengan motor penggerak kaum perempuan. Melalui program ini kaum perempuan tidak sekedar menjadi konco wingking namun juga lebih berdaya sehingga dapat menopang ekonomi rumah tangga.

Diungkapkan Bupati Indartato saat ini penduduk miskin Pacitan masih 13,3 persen. Angka tersebut dapat ditekan jika semua komponen bergerak, termasuk, kaum perempuan. Apalagi, 10 persen dari 179 ribu kepala keluarga di Pacitan adalah perempuan.

Sementara itu, Ketua tim verifikasi P2WKSS Provinsi Herawanta Ananda mengatakan, Desa Ngadirejan masuk pemantauan lapang setelah lolos dalam tahap penilaian administrasi. Terdapat 12 indikator P2WKSS yang nantinya akan dipantau.

Antara lain, Hukum dan HAM, Kesehatan, Pendidikan, Perindustrian dan KomInfo. Selanjutnya ada koperasi UMKM, Sosial, Pemberdayaan perempuan, Ketahanan Pangan, Narkoba serta PKK.  “Perempuan hebat itu pasti maka dari itu, jika wanita berdaya kesejahteraan akan mengikutinya,” terangnya.

Sumber: Pacitankab.go.id