IOWAVE, Pacitan Siap Simulasi Mitigasi Tsunami Serentak dengan 20 Negara

oleh -10863 views
Koordinasi jelang IOWAVE. (Foto: Purwo/KBRN RRI)
Koordinasi jelang IOWAVE. (Foto: Purwo/KBRN RRI)
Koordinasi jelang IOWAVE. (Foto: Purwo/KBRN RRI)

Pacitanku.com, PACITAN – Pacitan akan ambil bagian dalam kegiatan Indian Ocean Wave (IOWAVE) 2016. Kegiatan simulasi mitigasi bencana gempa dan tsunami tersebut akan digelar serentak Kamis (7/9/2016). 20 negara di
benua Asia dan Afrika yang berada di bibir Samudera Hindia akan melaksanakan geladi melibatkan ribuan warganya.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daerah Istimewa Yogyakarta, Tony Agus Wijaya mengatakan, IOWAVE bertujuan menguji kesiagaan menghadapi bahaya tsunami di tiap tingkatan. Mulai pemerintah, masyarakat, hingga pemangku kepentingan lain.

“Seperti diketahui di Pacitan ini merupakan salah satu wilayah yang memiliki ancaman potensi gempa bumi dan tsunami. Dengan adanya potensi ancaman tadi kita perlu langkah-langkah kesiapsiagaan,” kata Tony dilansir RRI, usai rapat koordinasi di Kantor Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Pacitan, Selasa (30/8/2016).

Iaa menjelaskan, gladi akan dibagi dua tahap. Gladi posko akan lebih banyak mengatur prosedur operasional penyampaian informasi kebencanaan hingga sampai ke masyarakat. Tahapan itu akan ditindaklanjuti geladi lapang melibatkan beragam elemen.

“Dengan langkah-langkah itu risiko dari bencana tadi bisa dikurangi sekecil mungkin. Tujuan akhirnya yaitu masyarakat Pacitan ini bisa siap siaga dan kapanpun ada bencana gempa dan tsunami masyarakat Pacitan sudah siap,” imbuhnya.

Empat tahun lalu, gladi yang sama pernah diselenggarakan BPBD Pacitan. Hanya saja saat itu cakupan bersifat lokal. Simulasi tingkat internasional kali ini dimaksudkan meningkatkan efektivitas rantai informasi peringatan dini tsunami. Muaranya menggerakkan kesadaran masyarakat di kawasan rawan tentang langkah penyelamatan saat bencana terjadi. (RAPP002/PS)

Sumber: RRI