Tahun ini, Pemkab Fokus Perbaiki Jalan Obyek Wisata di Pacitan

oleh -569 views
Alat berat mulai melakukan pengeprasan tebing . (Foto: Eko Rias Prahmono)
Alat berat mulai melakukan pengeprasan tebing . (Foto: Eko Rias Prahmono)
Alat berat mulai melakukan pengeprasan tebing . (Foto: Eko Rias Prahmono)
Alat berat mulai melakukan pengeprasan tebing . (Foto: Eko Rias Prahmono)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indartato menyampaikan bahwa fokus perbaikan infrastuktur Pemerintah Kabupaten (Pemkab) pada tahun ini fokus perbaiki jalan menuju obyek wisata, karena perbaikan jalan ditentukan skala prioritasnya.

Menurut Indartato, pada tahun ini, perbaikan jalan paling banyak difokuskan pada akses menuju ke objek wisata.‘’Dengan kondisi infrastruktur yang baik menuju ke tempat wisata, tentu harapannya dapat meningkatkan jumlah pengunjung. Sekaligus juga dampaknya ke depan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,’’ jelasnya baru-baru ini.

Berdasarkan data Dinas Bina Marga dan Pengairan setempat, dari 798 kilometer jalan yang ada, sekitar 43,8 persen atau sekitar 349,8 kilometer dalam kondisi rusak. Rinciannya, 24,1 persen atau sekitar 192,4 kilometer kondisinya rusak berat dan 19,7 persen atau sepanjang 157,4 kilometer rusak ringan.

Sementara untuk capaian di tahun 2016 ditargetkan sebesar 54,50 persen dengan rata-rata kenaikan per tahun sebesar 2 persen untuk jalan. Sedangkan persentase jalan dan jembatan dalam kondisi baik hingga penghujung tahun ini ditargetkan sebesar 92,30 persen dengan rata-rata kenaikan per tahun sebesar 0,88 persen untuk jembatan.

Salah satu titik perbaikan jalan menuju obyek wisata adalah kelanjutan pembangunan jalan Sendang-Kalak yang menuju ke obyek wisata Pantai Klayar. Lantaran jalur sepanjang 7,7 kilometer itu bukan jalan nasional, maka pelebaran jalan menuju kawasan pantai Klayar menjadi prioritas utama.

Anggaran sekitar Rp 3,5 miliar digelontorkan pemkab tahun ini. Perbaikan itu mencakup beberapa titik jalan. Terutama di tikungan yang memiliki lebar yang cukup. Yakni, jalan sepanjang 2,8 kilometer yang terhitung mulai Puskesmas Pembantu Kalak hingga ke Pantai Klayar. 

Adapun, rute pelebaran ini dikerjakan mulai dari pengaspalan sampai dengan pembuatan jalan kompas. Dengan adanya pembangunan jalur ini, akan ada jalur baru menuju Pantai Klayar, yakni melalui pertigaan setelah balai desa sendang belok ke kiri tembus pertigaan Ngilar sebelum makam, alias tidak melalui pasar kalak. Direncanakan, pelebaran dan pengaspalan mulai dari tanjakan Nanas yang berada di atas Sungai Maron hingga tanjakan Pring Gedhe, sebelum Goa Kalak  melalui jalan kompas Ngilar. (RAPP002)