Sempat Tertunda, Lulut dan Ibunya Akhirnya Berangkat ke Tanah Suci

oleh -798 views

LulutPacitanku.com, PACITAN – Setelah hampir dua pekan tertahan di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, akhirnya calon jamaah haji (CJH) asal Pacitan Lulut Fauziyah bisa berangkat ke Tanah Suci. Perempuan asal Desa Bangunsari, Kecamatan Pacitan itu akhirnya diberangkatkan ke Makkah Selasa (23/8) malam setelah visanya rampung.

Humas Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pacitan Mahrus mengatakan, Lulut beserta Marhamah, ibunya, diberangkatkan melalui gelombang kedua embarkasi Surabaya dengan kelompok terbang (kloter) 35 bersama CJH asal Mojokerto, Sidoarjo, dan Surabaya. ‘’Informasinya pukul 08.40 tadi (kemarin, Red) sudah mendarat di bandara King Abdul Aziz Jeddah, Makkah,’’ ujarnya, kemarin (24/8).

Karena berangkat melalui gelombang kedua, lanjutnya, Lulut serta Marhamah tidak bisa mengikuti tahapan haji arbain di Masjid Nabawi, Madinah. Untuk pelaksanaan arbain, akan dilakukan setelah proses ibadah haji selesai. ‘’Dan, berangkatnya pulang ke tanah air nanti melalui Madinah,’’ katanya.

Selain itu untuk masalah pemondokan, lanjut Mahrus, keduanya juga akan terpisah dengan para jamaah haji asal Pacitan lainnya. Dengan kata lain, pemondokannya tergabung dengan para jamaah haji asal Mojokerto, Sidoarjo dan Surabaya yang masuk dalam kloter 35. ‘’Jadi, tidak satu pemondokan dengan jamaah haji asal Pacitan,’’ ungkapnya.

Mahrus mengatakan, saat ini 166 jamaah haji asal Pacitan telah merampungkan pelaksanaan arbain. Yaitu, melaksanakan salat empat puluh waktu tanpa terputus berjamaah di Masjid Nabawi. Selanjutnya mereka akan berangkat ke Makkah untuk mengambil miqat di Dzu Hulaifah atau lebih dikenal dengan Bir Ali.

Sementara untuk kondisi kesehatan para jamaah haji asal Pacitan, Mahrus mengakui banyak di antara mereka yang jatuh sakit. Hanya saja, penyakitnya tergolong ringan seperti batuk dan kelelahan. Menurutnya, hal itu wajar terjadi bagi para jamaah haji. Mengingat kondisi cuaca di tanah suci sedang panas. ‘’Faktor utamanya cuaca,’’ imbuhnya. (her/yup/RAPP002)

Sumber: Radar Madiun