Pacitan Gelar Seleksi Paskibraka dengan Dana Nyaris Setengah Miliar

oleh -102.237 views
Ilustrasi Paskibraka. (Foto: IST)
Ilustrasi Paskibraka. (Foto: IST)
Ilustrasi Paskibraka. (Foto: IST)

Pacitanku.com, PACITAN – Dana untuk menyukseskan pengibaran bendera pada saat detik-detik proklamasi di Kabupaten Pacitan menelan anggaran dari APBD Pacitan senilai Rp415 juta. Dana tersebut digunakan mulai rekrutmen anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) hingga pada saat pengibaran bendera.

Menurut keterangan Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pacitan, Supitoyo, mengatakan jumlah anggaran untuk seluruh kegiatan Paskibraka 2016 yaitu senilai Rp415 juta. Dia menyampaikan anggaran tersebut untuk membiayai seluruh kegiatan yang ada di program tersebut, mulai rekrutmen anggota Paskibraka, pemusatan latihan, pembelian atribut, hingga pelaksanaan detik-detik proklamasi pada 17 Agustus mendatang.

Supitoyo mengatakan rekrutmen anggota Paskibraka Pacitan dilakukan mulai bulan Maret 2016. Rekrutmen dilakukan dari 47 SMA/SMK/MA se-Pacitan dan ada 160 orang yang mendaftar. Seleksi anggota Paskibraka dilakukan oleh Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Pendidikan, dan Disbudparpora.

Sekitar 160 siswa dari 47 SMA sederajat yang menjalani seleksi paskibra. Dari jumlah tersebut kemudian oleh pihak panitia penyelenggara disaring menjadi 90 siswa. Selanjutnya, diseleksi kembali menjadi 72 siswa. Kemudian akan diseleksi lagi dan diambil 20 siswa untuk mengikuti seleksi di tingkat provinsi dan nasional. 

Untuk kegiatan pemusatan latihan dimulai pada Rabu (10/8/2016) hingga pada 17 Agustus 2016. Seluruh anggota Paskibraka harus mengikuti karantina dan latihan di Asrama Atlet Pacitan. Selama dikarantina, seluruh anggota Paskibraka tidak diperbolehkan pulang ke rumah. Orang tua boleh menjenguk anaknya di Wisam Atlet pada waktu yang telah ditentukan.

Untuk kegiatan selama di Wisma Atlet, kata dia, seluruh anggota Paskibraka akan mendapatkan materi lapangan yaitu mulai formasi baris-berbaris dan pengibaran bendera. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan materi mengenai kesehatan dan wawasan kebangsaan dari Bupati Pacitan, Dandim, Kapolres, dan lainnya.

Terpisah, Kepala Disbudparpora Pacitan Wasi Prayitno menambahkan, para paskibra itu nantinya juga akan mendapatkan reward yaitu berupa piagam kepesertaan. Di mana piagam itu nantinya bisa digunakan sebagai modal untuk masuk ke perguruan tinggi (PT). ‘’Itu menjadi poin tersendiri yang dapat diberikan atas sumbangsih mereka,’’ pungkasnya. (her/yup/RAPP002)

Sumber: Radar Madiun