Ikuti Jambore Nasional, Bupati Minta Kontingen Pramuka Pacitan Jaga Kekompakan

oleh -1.019 views
Pelepasan kontingen Pramuka Pacitan untuk kemah di Cibubur. (Foto: Pusat Informasi Kwarcab)
Pelepasan kontingen Pramuka Pacitan untuk kemah di Cibubur. (Foto: Pusat Informasi Kwarcab)
Pelepasan kontingen Pramuka Pacitan untuk kemah di Cibubur. (Foto: Pusat Informasi Kwarcab)

Pacitanku.com, PACITAN – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Pacitan mengirim 32 peserta untuk mengikuti Jambore Nasional ke X tahun 2016 pada 13 sampai 21 Agustus di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. 

Bupati Pacitan Drs H Indartato, MM pun meminta kepada kontingen Pramuka Pacitan selalu menjaga kekompakan selama mengikuti jambore nasional tersebut. Kekompakan sangat dibutuhkan supaya kontingen daerah ini semakin solid, kata Indartato usai memberangkatan kontingen Pramuka Pacitan mengikuti jambore nasional di Pendopo Kabupaten Pacitan, Kamis (11/8/2016).

Menurut dia, dengan adanya kekompakan maka utusan daerah ini bisa tampil lebih baik dalam jambore tersebut. Selain itu para kontingen harus ikuti semua aturan yang sudah ditetapkan panitia, sehingga berbagai lomba dapat diikuti secara baik. Menurut dia, dengan bisa tampil lebih baik maka kontingen Pacitan akan semakin disegani.

Namun, lanjut dia, yang lebih penting lagi peserta harus menjaga kesehatan karena itu modal utama dalam mengikuti jambore. Dia mengatakan, selain itu kegiatan jambore tersebut merupakan pengalaman yang berharga dan tidak mungkin terulang kembali. “Banyak manfaatnya bagi adik-adik dan kakak-kakak ikut jambore tersebut serta tentu akan bertambah ilmu,” katanya.

Indartato mengatakan, apalagi saat mengikuti kegiatan tersebut peserta dibina dengan suka cita. Pihaknya merasa yakin nantinya peserta akan mendapatkan ilmu pengetahuan dan wawasan lebih luas lagi.

Pria yang juga Ketua Majelis Pembimbing gerakan pramuka Pacitan tersebut juga berharap, para peserta dapat membawa nama baik Pacitan. “Kami berharap mampu menjaga sikap dan kekompakan sehingga semua kegiatan dapat terlaksana mudah, dan tentunya, adik-adik harus semangat dan saya doakan mendapatkan prestasi terbaik,” jelasnya.

Selama 12 hari, 32 anggota pramuka tersebut akan bersama dengan 25.022 anggota pramuka lain dari seluruh Indonesia dan mancanegara. Sebelumnya, para peserta Jambore telah melalui tahap seleksi. Dari 52 anggota pramuka yang terjaring, terpilih 32 terbaik. Terdiri dari 16 putra dan 16 putri.

Peserta dari Kwarcab Pacitan terdiri peserta didik dan pimpinan kontingen termasuk pendamping 40 orang, para Andalan 32 orang. Mereka akan didampingi 4 pembina dan 4 pimpinan kontingen. Selama di Cibubur, mereka akan menjalani bermacam kegiatan, antara lain, perkemahan, kegiatan non rotasi dan kegiatan khusus. (RAPP002)