Suhu Ekstrim, Sebanyak 169 CJH Pacitan Diminta Jaga Kesehatan

oleh -13728 views
Rombongan Jamaah haji asal Pacitan. (Foto : M Fatkhurrohman)
Rombongan Jamaah haji asal Pacitan. (Foto : M Fatkhurrohman)

Pacitanku.com, PACITAN – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pacitan  mengimbau para calon haji menjaga kesehatan fisik dan mental agar lancar dalam menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

“Kami mengimbau calon haji untuk mengantisipasi dan menjaga kesehatannya selama menjalankan ibadah di tanah suci,” ujar Kasi Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Pacitan, Siti Aisyah, kepada wartawan, di Pacitan, Ahad (7/8/2016) kemarin.

Suhu panas cukup ekstrem bakal menjadi ujian jamaah haji tahun ini. Baik di Madinah maupun Makkah suhu diprediksi mencapai bisa 55 derajat celsius selama musim haji berlangsung ‘’Di Arab Saudi saat ini memasuki musim panas dan bisa berefek kurang baik bagi kesehatan jamaah,’’ katanya.

Selain panas, kondisi di tanah suci nanti juga kering dan berdebu. Sehingga, dimungkinkan munculnya berbagai penyakit. Misalnya, penyakit infeksi saluran pernafasan atas (ISPA).

Karena itu, Siti menyarankan kepada para CJH untuk selalu menggunakan masker guna menghindari penyebaran penyakit gangguan pernafasan. ‘’Jamaah juga rawan pingsan akibat dehidrasi. Tim kesehatan akan terus mendampingi,’’ terangnya.


Siti berharap keluarga CJH asal Pacitan tidak perlu panik akan kondisi tersebut. Menurutnya, penyakit seperti flu yang menyerang para jamaah haji biasanya tidak membahayakan. ‘’Kami anjurkan mereka untuk banyak minum air putih maupun air zam-zam ketika di sana nanti,’’ imbuhnya.

Dia juga meminta kepada para CJH, bersiap menghadapi perubahan cuaca yang tiba-tiba. Sebab, pada pengalaman musim haji tahun lalu, saat siang hari cuaca begitu panas sedangkan malamnya terasa dingin. ‘’Obat-obatan tertentu yang merasa dibutuhkan perlu dibawa,’’ tandasnya.

Selain fisik, pihaknya juga meminta para calon haji untuk memiliki mental yang kuat dan tidak takut selama menunaikan ibadah haji. Ia menjelaskan calon haji asal Kabupaten Pacitan berjumlah sebanyak 169 orang. Mereka tergabung dengan kelompok terbang (Kloter) 14 bersama dengan 177 calon haji asal Ngawi dan 99 calon haji asal Surabaya.

Secara umum, semua calon haji asal Pacitan telah siap berangkat. Sebanyak 169 calon haji tersebut telah melalui berbagai tahapan dengan lancar. Mulai dari pelunasan BPIH, pengurusan visa dan paspor, tes kesehatan, manasik haji, pemberian vaksin meningtis, dan pembekalan lainnya sesuai aturan yang berlaku. (RAPP002)