Penilaian LPMD, Desa Mantren Bersaing dengan 2 Desa Lain di Jatim

oleh -847 views

Pacitanku.com, KEBONAGUNG – Desa Mantren, Kecamatan Kebonagung maju dalam penilaian kinerja Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) tingkat Provinsi mewakili Kabupaten Pacitan tahun 2016.

Bahkan, desa yang terkenal dengan Gunung Limo itu sudah berada di tiga besar bersama dengan desa lainya di Kabupaten Trenggalek dan Blitar. “Penilaian ini merupakan pembuktian bagaimana peran LPMD sebagai mitra dari pemerintah desa,” kata  Damin, ketua tim penilai Provinsi, Kamis (28/7/2016) dilansir laman Pemkab Pacitan.

Lebih lanjut, untuk itu membuktikan sejauh mana peran LPMD Desa Mantren, tim penilai melihat langsung fakta dilapangan. Sebagai mitra desa, LPMD memiliki peran strategis sebagai pelaksana pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Apalagi, saat ini memasuki era pembangunan desa dengan anggaran yang sangat besar.Desa harus memiliki kemandirian dan produktif.


Dalam penilaian itu sendiri menurut Damin memuat beberapa indikator. Diantaranya kemasyarakatan, pemberdayaan pembangunan serta inovasi. Sementara itu, menurut Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo,dengan perlombaan ini Desa Mantren dapat menjadi contoh desa desa lain.

Tidak hanya itu melalui berbagai evaluasi harapanya pengurus LPMD lebih mampu memahami tugas pokok dan fungsi serta memahami perundang-undangan dalam menunjang kinerja.” LPMD Desa Mantren merupakan yang terbaik di Kabupaten Pacitan,” tandasnya.

Dari indikator kemasyarakatan LPMD Desa Mantren bersama pemerintah desa sudah menjalankan transparansi dan akuntabilitas. Pun demikian dengan partisipasi LPMD yang selalu terlibat langsung baik fisik maupun material serta kegiatan dan pertemuan bersama masyarakat dan pemerintah desa. 

Menurut Bidang Pemberdayaan pembangunan LPMD mendorong swadaya masyarakat, Pelatihan atau bimtek. Sedangkan bidang inovasi, LPMD Desa Mantren mengembangkan prospek kemitraan serta menumbuhkan local wisdom. (Riz/SKPD/RAPP002)