Pacitan Kembali Masuk Nominasi Penilaian WTN

oleh -101.067 views
Penerimaan WTN Bidang Lalin pada 2013 lalu. (Foto; WIdy S)
Penerimaan WTN Bidang Lalin pada 2013 lalu. (Foto; WIdy S)

Pacitanku.com, PACITAN – Kabupaten Pacitan kembali masuk nominasi penilaian Wahana Tata Nugraha untuk kota kecil bidang lalu lintas jalan. Ini menjadi raihan prestasi yang ke lima untuk kota berjuluk Seribu Satu Goa ini, setelah sebelumnya 4 kali beruntun meraih penghargaan tersebut.

Menurut Widi Sumardji, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pacitan, dari proposal yang diajukan ke provinsi, Kabupaten Pacitan layak masuk nominasi penilaian.

Menurutnya, lokasi penilaian meliputi, kelayakan jalan dan trotoar, terminal serta tempat uji kelayakan kendaraan. “Hari ini (Kamis,21/7) tim penilai provinsi memantau beberapa ruas protokol mulai dari ruas jalan Ahmad Yani, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Gatot Subroto dan Jalan Letjen Suprapto,” ungkapnya, dilansir laman Pemkab Pacitan.




Selain memantau kelayakan jalan, tim penilai juga memantau perilaku para pengguna jalan terhadap kepatuhan berlalu lintas serta fungsi trotoar. Dua poin tersebut menurut Widi Sumardji acap kali butuh perhatian ekstra.

Menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas tidak dapat dilaksanakan instan.Namun harus dengan kesabaran dan berkelanjutan. “Sejauh ini kita sudah melakukan banyak sosialisasi termasuk ke sekolah sekolah dengan sasaran pelajar,” katanya kembali.

Sebagai bentuk keseriusan, pihaknya juga membentuk forum lalu lintas yang beranggotakan lintas sektoral. Meski tidak mudah, melalui forum ini diharapkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas semakin meningkat. sehingga, keamanan dan keselamatan di jalan dapat terjaga. (Riz/SKPD)