Penumpang Terminal Pacitan Turun Selama Libur Lebaran

oleh -13781 views
Terminal Tipe A Pacitan. (Foto : Dok.Pacitanku)
Terminal Tipe A Pacitan. (Foto : Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Jumlah penumpang yang transit di Terminal Pacitan sepanjang musim mudik-balik Lebaran menunjukkan grafik berbeda. Jumlah pemudik yang pulang kampung naik sekitar 10 persen dibanding tahun lalu. Sebaliknya, penumpang yang meninggalkan Pacitan jauh lebih sedikit.

Kabid Sarana dan Prasarana Dishubkominfo Pacitan, M Said mengatakan, sepanjang H-12 sampai H+7 Lebaran lalu, pihaknya mencatat total ada sekitar 13.248 penumpang yang masuk ke Pacitan menggunakan moda transportasi bus. Sedangkan tahun lalu hanya 12.740 orang. ‘’Sementara, pada arus balik jumlah penumpang anjlok dari 16.331 pada tahun lalu menjadi 14.787 orang tahun ini,’’ jelasnya, baru-baru ini.

Meski begitu, Said menegaskan, jumlah penumpang yang berangkat tersebut belum sepenuhnya final. Karena masih ada pemudik yang meninggalkan Pacitan kemarin. ‘’Pertimbangannya, berbarengan dengan anak-anak yang hendak kembali masuk sekolah setelah libur panjang,’’ jelasnya.


Meskipun jumlah penumpang mulai menurun, lanjut Said, pihaknya sudah meminta kepada pihak perusahaan otobus (PO) untuk menyiagakan sejumlah armada bus untuk mengantisipasi lonjakan penumpang. ‘’Kami sudah koordinasikan masalah ini dengan PO masing-masing untuk tetap menyiapkan armadanya. Untuk jumlahnya, lebih tergantung pada kondisi di lapangan,’’ katanya.

Said mengungkapkan, menurunnya jumlah penumpang bus tahun ini sebagai moda transportasi untuk arus balik lebih disebabkan kebanyakan warga lebih memilih melakukan perjalanan pulang kampung dengan menggunakan kendaraan pribadi. Bahkan, jumlahnya secara nasional meningkat sampai 5,97 persen. ‘’Selain itu juga banyaknya program arus balik gratis,’’ ungkapnya. (her/yup/RAPP002)

Sumber: Radar Madiun