Penderita Kusta di Pacitan Didominasi Kecamatan Sudimoro

oleh -131.246 views

Pacitanku.com, PACITAN – Dalam kurun waktu delapan tahun terakhir, kusta di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur mulai ditemukan. Sampai saat ini sebagian masyarakat di wilayah tersebut masih dihantui wabah penyakit kusta, lantaran kini penderitanya terus berkembang menjadi puluhan orang.

Namun demikian, hanya saja sebagian besar dari mereka kini dinyatakan sembuh meski masih menjalani pengobatan intensif. Jumlah penderita kusta di Kabupaten Pacitan, terbesar berada di wilayah Kecamatan Sudimoro. Di wilayah bagian timur Pacitan itu sedikitnya terdapat 62 penderita kusta. Lima di antaranya masih berusia remaja. Sementara sisanya penderita dewasa.




“Salah seorang warga penderita kusta yang dinyatakan sembuh atau tidak menular di Kecamatan Sudimoro, hingga kini masih menjalani pengobatan intensif. Pria berusia sekitar 55 tahun itu terjangkit penyakit kusta pada tahun 2000 lalu,” ujar Petugas Pemberantasan Penyakit Menular (P2M), Sudigdo, seperti dilaporkan JPNN, Kamis (19/5).

Hingga kini belum diketahui secara pasti penyebab munculnya penyakit kusta di wilayah Kabupaten Pacitan. Belum ada penelitian secara resminya, Pemerintah menduga kondisi geografis menjadi pemicu utama berkembangnya penyakit kusta di Pacitan.

Kasus kusta yang paling banyak ditemukan adalah adalah tipe Multi Basiler (MB) atau kusta basah. Penyembuhannya lebih lama dibandingkan tipe Pausi Basiler (PB) atau kusta kering.‘’Kusta PB bisa disembuhkan dalam waktu 6 bulan dan tidak menular. Kalau MB butuh waktu hingga 2 tahun dan menular,’’ jelas Rachmad Dwiyanto Kepala Dinas Kesehatan, kemarin. (RAPP002)