Pemkab Pacitan Berencana Buka Obyek Wisata Baru di Tulakan

oleh -131.241 views
Pantai Watu Bale, Tulakan. (Foto: Dok.Pacitanku)
Pantai Watu Bale, Tulakan. (Foto: Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga berencana membuka obyek wisata baru yang terletak di kecamatan Tulakan. Hal ini didasarkan semakin banyaknya wisatawan yang mengunjungi Pacitan, salah satunya membludaknya para wisatawan mancangera (wisman).

Menurut keterangan Kepala Unit Pelaksana Teknis Pariwisata, Disbudparpora Pacitan, Pamuji, baru-baru ini, dengan melihat tren kunjungan wisman yang meningkat tiap tahun, Pamuji mengaku pihaknya bakal menambah obyek wisata baru.

Salah satu yang direncanakan akan dibuka adalah Pantai Kowang dan Pantai Watu Bale di Desa Jetak, Kecamatan Tulakan. Diharapkan dengan dibukannya akses kedua obyek wisata pantai tersebut, setidaknya bisa mendongkrak pendapatan daerah dari sektor pariwisata hingga Rp 8,2 miliar. ‘’Untuk melakukan itu memang tidak mudah. Perlu adanya koordinasi lintas satuan kerja (satker). Terutama masalah aksesnya yang sampai saat ini belum layak,’’ tandasnya.


Saat ini, kata Pamuji, sejumlah objek wisata di Pacitan masih menjadi magnet kuat bagi para wisatawan mancanegara (wisman). Hal itu dibuktikan dari meningkatnya kunjungan para turis dari luar negeri ke sejumlah obyek wisata yang ada di Pacitan pada bulan ini. Dari kunjungan mereka pemkab diyakini bisa meraup belasan bahkan puluhan juta.

Berdasarkan catatan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) setempat, memasuki musim panas ini jumlah bule yang datang ke Pacitan mencapai 153 orang. Jumlah itu naik 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya. ‘’Turis asal Australia paling mendominasi kunjungan ke berbagai obyek wisata,’’ ujarnya.

Dikatakan Pamuji, obyek wisata utama yang paling populer menjadi jujukan wisma adalah Gua Gong dan Pantai Watukarung. Bahkan belakangan ini banyak warga negara asing yang mendirikan wisma dan cottage di kawasan Pantai Watukarung. Daya tarik pantai Watukarung adalah pasir putih dan ombak tinggi yang pas untuk berselancar. ‘’Hampir 90 persen wisman berkunjung ke Watukarung,’’ pungkasnya. (her/yup/RAPP002)

Sumber: Radar Madiun