Warga tak Terdaftar Beras Bersubsidi Dimasukkan Program Grindulu Mapan

oleh -13641 views

Pacitanku.com, PACITAN – Warga Pacitan yang tidak terdaftar dalam penyaluran Raskin atau yang saat ini disebut dengan beras untuk rakyat sejahtera (rastra) diharapkan tidak khawatir. Pasalnya, pemerintah kabupaten Pacitan akan memasukkan masyarakat yang tidak rumah tangga sasaran (RTS) penerima rastra ke dalam program Grindulu Mapan.

Wakil bupati Pacitan, Yudi Sumbogo, di sela penyaluran Rastra di kecamatan Pacitan, baru-baru ini mengatakan bawhwa tidak semua penduduk di Pacitan terkover penerima raskin 2016. Bagi yang belum menerima, akan diupayakan masuk dalam program Grindulu Mapan.

Tahun ini saja, kata Mbogo, sapaan akrab Yudi Sumbogo, pihaknya sudah mengkover sekitar 2.789 RTSM dari total keseluruhan 2.900 RTSM sesuai pendataan terkini.


‘’Karena semua tergantung dari kekuatan APBD kita. Tahun ini pemkab mengalokasikan dana sebesar Rp 1,9 miliar untuk program Grindulu Mapan,’’ ujarnya.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan data pemkab, jumlah rumah tangga sasaran (RTS) penerima rastra tahun ini tidak ada perubahan. Yakni 41.519 kepala keluarga (KK) dengan total subsidi mencapai Rp 996,4 juta. Sementara, kebutuhan beras bagi masyarakat miskin di Pacitan mencapai 622.785 kilogram setiap bulan.

‘’Pedoman penyaluran raskin yang kami pakai data tahun 2015. Karena masih menunggu pemutakhiran data terpadu Badan Pusat Statistik (BPS). Kira-kira April-Juni data RTS penerima manfaat sudah siap,’’ pungkas mantan legislator Partai Demokrat itu. (her/yup/RAPP002)

Sumber: Radar Madiun