Wagub Jatim: Jangan Lupakan Jasa Guru Kita

oleh -131.101 views
Ilustrasi guru mengajar

Pacitanku.com, SURABAYA – Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengingatkan seluruh masyarakat agar tak melupakan jasa-jasa yang dilakukan oleh guru selama ini yang terbukti nyata mampu mendidik sekaligus menjadi teladan.

“Siapa saja dan saat ini menjadi profesi apa saja, jangan sampai melupakan guru yang telah membimbing dan mengajari kita,” ujarnya ditemui usai menjadi inspektur upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Senin.

Menurut dia, guru adalah seseorang yang tak ingin dihargai dan dibalas jasa-jasanya, namun sebagai manusia yang pernah dididik maka tak ada alasan untuk mengacuhkan apa yang telah diperbuatnya selama ini.

“Tidak ada guru yang mengharap balasan, karena mereka-mereka adalah manusia dengan profesi mulia. Tanpa guru tidak mungkin kita menjadi seperti sekarang ini,” ucap Gus Ipul, sapaan akrabnya.

Pada kesempatan tersebut, orang nomor dua di Pemprov Jatim itu juga mengimbau, melalui Hari Pendidikan Nasional ini dijadikan momentum untuk memperluas dampak pendidikan bagi kemajuan bangsa.


“Pendidikan juga harus memenuhi tiga kualitas yaitu berkarakter, berkualitas literasi, serta berkualitas dari sisi kompetensinya,” kata ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama tersebut.

Untuk pendidikan yang berkarakter, kata dia, pendidikan harus memastikan nilai-nilai moral dan menciptakan pribadi cerdas serta bermoral, bukan malah jujur, tapi malas.

Sedangkan, kemampuan literasi yang harus dicapai dalam pendidikan tidak hanya literasi baca dan tulis, melainkan harus literasi sains, teknologi, finansial dan budaya.

Selain itu, lanjut dia, pendidikan juga harus meningkatkan kualitas kemampuan untuk menciptakan kemampuan berfikir kritis dan mampu memecahkan masalah.

Sementara itu, upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional yang dipusatkan di Grahadi ini diikuti lebih dari seribu peserta terdiri dari perwakilan SMA dan SMK se Jawa Timur, mahasiswa serta perwakilan guru dari PGRI.

Karya-karya kreatif dari pelajar berprestasi juga dipamerkan, seperti mobil “broadcast” keliling yang merupakan program dari Dinas Pendidikan Jawa Timur, serta pameran mobil bertenaga surya karya siswa SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, Kabupaten Malang.

Tidak itu saja, pada kesempatan tersebut puluhan siswa dan guru juga menerima penghargaan langsung dari Gus Ipul karena prestasinya dinilai membanggakan Jawa Timur, baik di dunia pendidikan maupun olahraga. (RAPP002/Antara)