Pemkab Pacitan Launching Kampung KB

oleh -597 views

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan kembali akan meluncurkan program baru dalam upaya peningkatkan kualitas keluarga. Program bernama kampung keluarga berencana (KB) itu akan dilaunching Sabtu (30/4) oleh Bupati Pacitan Indartato.

Dusun Glonggong Desa Donorojo Kecamatan Donorojo menjadi kampung pertama yang menerapkan program tersebut. Menurut Kepala Badan Keluarga Berencana Dan Pemberdayaan Perempuan (KBPP) Pacitan Hendra Purwaka, keberadaan Kampung KB nantinya diharapkan mampu menjadikan kualitas masyarakat di wilayah tersebut meningkat. Bukan hanya dari sisi perencanaan keluarga namun juga dari mutu SDM serta kretifitas.

Hendra Purwaka mengaku, ada sebagaian masyarakat di Pacitan yang masih memiliki cara pandang keliru dalam menyiapkan keluarga. Semisal mudah menikahkan anaknya meski masih usia dini. Akibatnya, muncul kasus kematian ibu dan bayi.

Hal ini,  lebih dikarenakan, kurangnya pemahaman dalam menyiapkan pernikahan yang berkualitas. “Intinya, kita akan berupaya mewujudkan keluarga yang berkualitas menuju masyarakat yang sejahtera,”ujar Hendra Purwaka dilansir Pacitanku.com dari laman SKPD Pacitan.


Berdasar data menurut Hendra, jumlah usia produktif di Pacitan lebih banyak dibanding usia ketergantungan. Sesuai fakta tersebut, keberadaan kampung KB kedepan diharapkan mampu menjadikan individu keluarga sehat, berpendidikan dan mandiri.

Guna menyukseskan program tersebut KBPP saja menjalin kerja sama dengan lintas sektoral. Keterlibatan Dinas kesehatan, Dinas Pendidikan, tokoh agama serta  sektor-sektor lain menjadi kunci sukses program tersebut. Hendra berharap dalam lima tahun kedepan semua Kecamatan di Kabupaten Pacitan memiliki minimal satu wilayah kampung KB. (Riz/RAPP002)