Raih Penghargaan LPPD, Pacitan Dianggap Mampu Pertahankan Kinerja

oleh -13624 views

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Drs H Indartato, MM mengungkapkan bahwa salah satu kunci sukses Pacitan meraih penghargaan LPPD dari Kementerian Dalam Negeri adalah Pemerintah Kabupaten dianggap mampu mempertahankan kinerja.

Sebagaimana diketahui, terbaru, Pemkab mendapatkan penghargaan dari Kemendagri  atas kinerja dengan predikat sangat tinggi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah diserahkan Dirjen Otonomi Daerah (Otoda) Kemendagri Sumarsono. Penyerahan penghargaan dilakukan pada puncak peringatan penyambutan Hari Otoda XX di Alun-Alun Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Jogjakarta, Senin (25/4) lalu.

“Kami bersyukur mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat, tentunya tidak gampang. Kami berusaha melaksanakan sesuai aturan dan terus meningkatkan kinerja dan pembangunan yang diharapkan masyarakat,’’ katanya.


Menurut Indartato, ada 700 indikator penilaian atas penghargaan tersebut. Salah satu di antaranya adalah pengaturan kewenangan pemkab. Baik itu kewenangan wajib maupun pilihan. Dicontohkan, pelaksanaan kewenangan pemerintah daerah dari indikator tersebut adalah  memberikan akta kelahiran sejak ada bayi  dilahirkan di rumah sakit maupun puskesmas.

Selin itu juga pengurusan akta kematian bagi penduduk yang meninggal dunia. ‘’Begitu juga dengan pemberian jaminan kesehatan, pendidikan, serta pendapatan bagi masyarakat. Semuanya itu dituangkan dalam APBD,’’ tandasnya.

LPPD merupakan kewajiban kepala daerah yang dilaporkan kepada pemerintah setiap tahun berdasarkan PP Nomor 3/2007 dan dilakukan evaluasi sejak tahun 2009 sesuai amanat PP Nomor 6/2008.  Pengumuman hasil evaluasi LPPD merupakan langkah strategis pemerintah pusat untuk menilai keberhasilan daerah dalam pelaksanaan otoda. Sekaligus sebagai bahan kebijakan dalam meningkatkan kapasitas penyelenggaraan pemerintah daerah. 

Sampai saat ini pelaksanaan EKPPD terhadap LPPD sudah dilakukan kali ke enam. Dan puncaknya pada 2014 lalu,  Pemkab Pacitan meraih anugerah Samkarya Nugraha Parasamya Purnakarya Nugraha serta Satya Lencana Karya Bakti Prada Nugraha. Di mana penghargaan itu diberikan atas prestasi pemkab mempertahankan kinerka terbaik terkait LPPD selama empat tahun berturut-turut mulai 2009 hingga 2012. (her/yup/RAPP002)

Sumber: Radar Madiun