10.236 KK di Pacitan Peroleh Bantuan PKH Senilai Rp 8 M

oleh -13759 views
Indartato saat kunjungan kemayarakatan (Foto : Dok.Pacitanku)
Indartato saat kunjungan kemayarakatan (Foto : Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Sebanyak 10.236 kepala keluarga (KK) di kabupaten Pacitan memperoleh bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) senilai Rp 8 miliar. Penyerahan bantuan PKH secara simbolis dilakukan oleh Bupati Indartato di Kantor Pos Pacitan, Sabtu (23/4/2016) lalu.

Sebagaimana dilansir laman Pemka b Pacitan, pada kesempatan itu Indartato menyerahkan bantuan secara simbolis  kepada penerima pertama, Sumini asal Desa Ponggok, Kecamatan Pacitan. Bupati Indartato mengatakan PKH merupakan salah satu program pemerintah dalam upaya mengentaskan kemiskinan.

Khususnya bagi masyarakat Kabupaten Pacitan agar kedepan kualitas hidupnya lebih baik.”Harapannya tentu agar nantinya kondisi masyarakat menjadi lebih baik dan dapat mengurangi kemiskinan,” katanya.


Bagi warga yang penerima, adanya program ini sangat membantu. Utamanya guna memenuhi kebutuhan pendidikan anak. Seperti untuk membeli alat-alat tulis maupun perlengkapan sekolah lainnya.

Menurut Tuladi, warga Dungkulan, Desa Mentoro mengatakan, meski nominal bantuan tidak begitu besar, tetapi cukup bermanfaat untuk menopang pendidikan anak satu-satunya yang kini duduk dibangku kelas 8 salah satu SMP. Terlebih pada saat bersamaan musim tanam tiba.

Jumlah telah berkurang disbanding tahun sebelumnya. Berkurangnya penerima pada setiap tahunnya terjadi lantaran beberapa hal. Seperti keluarga yang telah mentas dari kriteria, anggota keluarga penerima telah lulus sekolah, maupun lainnya. (Dav/Riz/RAPP002)