Dewan Dorong Pemkab Pacitan Optimalkan Pencapaian PAD

oleh -13687 views

Pacitanku.com, PACITAN – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan mendorong pemerintah kabupaten (Pemkab) Pacitan untuk memaksimalkan potensi pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Pacitan.

“Wajib bagi pemerintah daerah untuk memaksimalkan pencapaian PAD melalui intensifikasi dan ekstensifikasi potensi serta meminimalisir kebocoran dari sumber-sumber PAD,” kata Heru Setyanto, juru bicara DPRD Pacitan saat menyampaikan keputusan DPRD tentang rekomendasi atau catatan strategis atas laporan keterangan pertanggung jawaban kepala daerah (LKPJ) akhir tahun anggaran 2015 dalam rapat paripurna yang digelar Selasa (19/4/2016) kemarin di gedung DPRD Kabupaten Pacitan.

Lebih lanjut, legislator Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dari daerah pemilihan Ngadirojo dan Sudimoro ini menyampaikan bahwa pihaknya memberikan catatan dan rekomendasi agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) berupaya meningkatkan PAD. “Saat ini, sumber pendapatan yang berasal dari dana perimbangan dan lain-lain pendapatan daerah yang sah menurun capaiannya,”katanya.


Selain itu, Heru berharap bahwa Pemkab melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait membuat terobosan baru, seperti pengenaan jaminan pembongkaran reklame, validasi data pembelian tanah dan bangunan dengan stake holder terkait, pendekatan proaktif kepada pemerintah desa terkait informasi ijin gangguan kemanan. “Dalam menentukan target harus memperhatikan tren realisasi dari tahun ke tahun serta potensi dari masing-masing sumber PAD,”ujar pria yang berasal dari Dusun Karang, Desa Pagerejo Kecamatan Ngadirojo itu.

Terkait pengelolaan belanja daerah, kata Heru, Pemkab juga diinta memperbaiki dan lebih cermat lagi dalam perencanaan atas belanja pegawai. Untuk belanja langsung, capaian realisasi dapat dipertahankan dan diupayakan untuk ditingkatkan lagi pada tahun anggaran berikutnya.

“Catatan lain, diantaranya adalah, dalam melaksanakan pembangunan pemda harus melakukan langkah-langkah yang sistematis dan terukur melalui validasi data, perencanaan yang matang sesuai dengan data base, pelaksanaannya sesuai spesifikasi dan dipandu oleh pengawasan yang itens serta evaluasi dan monitoring oleh SKPD terkait,” katanya.

Foto: Penyerahan berkas LPKJ, Selasa (19/4/2016) foto by Humas DPRD Pacitan