Pariwisata Diharapkan Mampu Tumbuhkembangkan Ekonomi Masyarakat Pacitan

oleh -624 views
Pantai Pidakan dilihat dari pesawat Drone. (Foto : Youtube)
Tempat wisata Pacitan, Pantai Pidakan dilihat dari pesawat Drone.

Pacitanku.com, PACITAN – Sektor pariwisata di Pacitan masih menjadi sektor yang diharapkan mampu menumbuhkembangkan ekonomi masyarakat. Demikian disampaikan oleh Ronny Wahyono, Ketua DPRD Kabupaten Pacitan saat berdialog di Radio Suara Pacitan yang digelar pada Kamis (14/4/2016) kemarin.

“Kami mengapresiasi apa yang dilakukan pemerintah kabupaten Pacitan, namun tetap kita jangan berpuas diri, harus ada beberapa hal yang terus dilakukan, setidaknya ada dua hal, yang pertama adalah dari sisi regulasi, seperti dipusat yang memiliki target wisata, kemudian bagiamana koordinasi dengan provinsi dan pusat di tingkatkan,” jelasnya.

Selain itu, kata Ronny, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Pacitan sebagai leading sektor, bisa memanfaatkan dengan membentuk badan promosi daerah yang bisa menjadi wadah bagi stakeholder di semua lini.

“Pariwisata bukan hanya soal peningkatan kunjungan, promosi, bisnis hotel dan penginapan, namun lebih dari itu adalah bagaimana pariwisata ini bisa menumbuhkembangkan ekonomi masyarakat,”kata legislator Partai Demokrat itu.




Sebagai contoh, kata putra eks Bupati Pacitan (alm) Suyono itu, Disbudpar bisa menjalin koordinasi dengan dinas lainnya di Pacitan, seperti dinas Cipta Karya, Dinas Pendidikan dan pihak lainnya.

“Disbudparpora ini sebagai leading sektor, koordinasi dengan dinas cipta karya misalnya, atau dengan dinas Pendidikan, bagaimana bisa mengajarkan ke anak didik terkait pariwisata dan nilai budaya, kemudian dari segi ekonomi, bagaimana melatih kemampuan para pedagang supaya bisa mmebuat souvenir dengan baik,”paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Disbudparpora Pacitan, Wasi Prayitno memaparkan bahwa saat ini sektor pariwisata di Kabupaten Pacitan mendapatkan perhatian yang cukup signifikan.

“Saat ini, kita memiliki jumlah pantai yang sudah ada namanya  sebanyak 61 lokasi, bahkan diantaranya memiliki keindahan tersendiri, seperti Pantai klayar. Pantai Klayar ini termasuk yang terindah,” katanya.

Selain itu, Wasi menyebut bahwa jumlah kunjungan dari tahun ke tahun di Pacitan semakin meningkat. “Setahun yang kemarin itu lebih dari 1,5 juta. Tahun ini bahkan diprediksi lebih dari 3 kali lipat. Dan saya kira peran promosi secara digital seperti yang dilakukan Pak Ronny Wahyono dan Pak Sudarsono melalui paguyuban pariwisatanya ini sangat luar biasa,”jelas Wasi.

Sementara, Ketua Paguyuban Pegiat dan Pecinta Wisata Pacitan (P3WP), Sudarsono mengaku pihaknya akan terus mempromosikan wisata Pacitan bersama paguyubannya itu.

“Selama ini memang prioritas kami promosi bersama teman-teman di komunitas, dengan membidik perkembangan teknologi informasi. Kami masuk di celah itu pak. Secara formal, struktur organisasi ini pusatnya di Pacitan, di Korwil provinsi, pada intinya kami ingin membuat Pacitan lebih dikenal,” kata salah satu pria yang getol promosi wisata Pacitan melalui facebook ini. (RAPP002)