Pemkab Pacitan akan Ubah Bekas TPA Dadapan Jadi Taman Buah

oleh -131.083 views

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan berencana mengubah lahan bekas tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Dadapan yang terletak di kecamatan Pringkuku, atau jalur utama Pacitan-Solo menjadi taman buah-buahan.

Sebagai informasi, sejak beberapa tahun terakhir, TPA tersebut mengalami perluasan dengan menjorok ke arah selatan. Ini karena kapasitas lahan lama mengalami kejenuhan dan tidak mampu lagi menampung debit sampah.

Dalam kunjungannya ke TPA tersebut, Bupati Pacitan, Drs H Indartato, MM menuturkan bahwa target pembangunan taman buah-buahan di lahan bekas TPA tersebut akan dilaksanakan pada akhir tahun ini.


Pria yang baru saja dilantik menjadi Bupati Pacitan pekan lalu itu menyampaikan bawa lahan sarat tumpukan humus itu sangat cocok untuk aneka tanaman buah. Seperti pepaya, buah naga, dan beberapa jenis tanaman buah cepat panen lainnya.

Nantinya, kata Indartato, lokasi itu diharapkan juga menjadi habitat burung pemakan buah. “Intinya adalah tanaman yang cepat berbuah,” tambahnya, dilansir laman Indartato.info.

Dikatakan Indartato, wacana pemanfaatan lahan bekas TPA untuk ruang terbuka hijau bukan tanpa alasan. Selain berfungsi konservasi, tanaman buah yang ada diharapkan menepis kesan kumuh di lokasi yang berada di tepi jalur utama Pacitan-Solo.

Tentu saja persiapan harus dilakukan matang. Termasuk menata bangunan tempat bekerja pemulung. “Nantinya bangunan di depan itu juga akan dipindahkan sehingga tidak tampak dari jalan raya,” tutupnya. (RAPP002/Ind)

Foto: Humas Pemkab