TTP Pacitan Bantu Petani Tingkatkan Kualitas Produksi Pertanian

oleh -131.610 views

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Keberadaan Taman Teknologi Pertanian (TTP) Kabupaten Pacitan yang terletak di Desa Ngadirjan, Kecamatan Pringkuku dinilai bisa membantu petani setempat untuk meningkatkan kualitas produksi pertanian.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Ibnu Multazam saat menghadiri launching produk TTP Pacitan, Selasa (29/3/2016) kemarin mengatakan bahwa untuk menjaga kedaulatan pangan, petani harus mampu mengelola dengan baik hasil produksi pertanian. Tidak mudah menjual hasil panen, sementara lumbung  pangan di rumah tidak terisi.

 “Jika hal tersebut terus terjadi maka cita-cita untuk mewujudkan kemandirian pangan tidak akan tercapai, karena saat ini persoalan mendasar petani tradisional adalah terlalu cepat melepas hasil produk pertanian untuk dijual. Sementara, untuk kebutuhan makan hingga musim panen berikutnya sudah tidak ada lagi, sehingga dengan TTP ini petani dapat belajar untuk mengolah hasil pertanian menjadi produk olahan dengan nilai okonomi lebih tinggi,” jelas legislator Partai Kebangkita Bangsa (PKB) ini.

Lebih lanjut, pria kelahiran Ponorogo, 9 Oktober 1965 ini juga menyatakan bahwa para pelaku pertanian, terutama penyuluh pertanian untuk senantiasa memberikan pemahaman yang konkrit kepada petani soal peningkatan kualitas produksi pertanian.


Senada dengan Ibnu, pejabat bupati Pacitan, Priyo Dharmawan menyampaikan bahwa keberadaan TTP sangat membantu para petani. Hal itu dikarenakan  TTP Pacitan khusus mengembangkan tekhnologi pertanian lahan kering. “Hal itu sangat sesuai dengan karakteristik Pacitan, TTP Pacitan menjadi pusat penerapan inovasi pertanian terpadu padi lahan kering,” katanya.

Selain fokus inovasi pertanian di lahan kering, TTP Pacitan juga menjadi tempat pembibitan sapi potong aneka kacang dan industri jeruk berbasis pendidikan bisnis agrowisata. Selain mengembangkan produk pertanian, TTP Pacitan juga memiliki fasilitas produk unggulan. Seperti, olahan hasil pertanian menjadi makanan ringan, olahan buah buahan menjadi minuman segar hingga produk pakan ternak.

TTP Pacitan sendiri merupakan sarana untuk mensosialisasikan inovasi teknologi yang telah dihasilkan Kementerian Pertanian untuk mendukung program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah. Dengan diresmikannya TTP Pacitan diharapkan mampu sebagai pemacu peningkatan produksi pertanian dengan mengaplikasikan inovasi teknologi yang telah dihasilkan Kementan oleh petani di Pacitan.

DI TTP yang diresmikan pada Selasa (16/2/2016) lalu ini bermanfaat bagi masyarakat yang ingin melihat sekaligus belajar penerapan teknologi pertanian dengan komoditas, antara lain Jeruk Terigas, Keprok Madura, Keprok Tejakula, Siem Madu dan Manis Pacitan. Kemudian penerapan teknologi dalam peternakan yaitu sapi PO dan tanaman pangan antara lain padi, jagung dan aneka kacang dan umbi-umbian. (riz/skpd/RAPP002)