Kala Lagu Karya SBY Pukau Ribuan Pasang Mata

oleh -131.324 views
Mahasiswa Unnes menyanyikan lagu karya SBY. (Foto: Humas Unnes/Dwi Sulistyawan/Unnes/ac.id)
Mahasiswa Unnes menyanyikan lagu karya SBY. (Foto: Humas Unnes/Dwi Sulistyawan/Unnes/ac.id)

Pacitanku.com, SEMARANG – Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkesempatan bertemu dengan ribuan mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) di auditorium Unnes, Sekaran, Gunungpati, Semarang pada Rabu (30/3/2016). Dalam kesempatan tersebut, lagu karya SBY yang berjudul ‘Untuk Bumi Kita’ dinyanyikan oleh salah satu mahasiswa Unnes, Martinda Intan Permata Hati.

Intan yang merupakan mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Seni Unnes itu sangat bersemangat dan mendalami isi dan makna lagu dengan diiringi paduan suara dan orkestra Voice Of Conservation (VOC) Unnes Semarang, mampu memukau para tamu yang hadir.

Bahkan, Ibu Ani Yudhoyono berbinar-binar saat menikmati sajian lagu ciptaan suaminya. Sesekali Ibu Ani tampak mengikuti bait demi bait yang dinyanyikan. Senyumnya terus mengembang. Sedangkan SBY nampak antusias memandang pelantun lagu itu. Suasana Auditorium Unnes pun hening. Semua hadirin seakan-akan menikmati kata demi kata dalam lagu tersebut.

SBY memuji penyanyi dan kelompok paduan suara VOC Unnes tersebut. Pria asal Pacitan ini kemudian menceritakan latar belakang terciptanya lagu tersebut. “Lagu ini saya ciptakan saat saya mengemban tugas di Oslo. Waktu itu, ada konferensi internasional dengan topik lingkungan dan pemeliharaan hutan. Maka, terciptalah lagu ini, untuk alam kita,” jelasnya, dilansir laman Unnes.


Menurut SBY, lagu itu dipopulerkan oleh penyanyi Sandy Sandoro. Lagu tersebut juga sempat dinyanyikan oleh musisi asal Amerika Serikat dengan digubah terlebih dulu menggunakan bahasa Inggris.

“Saya bangga dengan paduan suara, orchestra, tari dan juga gamelan Unnes sangat bagus, ini menunjukkan bahwa Unnes mengkonservasikan segala hal, bukan hanya lingkungan, tetapi juga budaya dan nilai-nilai kebangsaan yang memang harus terus dilestarikan,” kata alumnus SMAN I Pacitan ini.

Usai lagu tersebut dinyanyikan, tepuk tangan menggema dari para hadirin yang hadir dalam Dies Natalis Natalis Unnes. Tak terkecuali Menristekdikti Prof M Nasir, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua DPD RI Irman Gusman, Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto, Mantan Menteri Pendidikan dan Nasional Prof Muhammad Nuh, dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. Tampak sesekali Dra Barokah Isdaryanti Fathur Rokhman mendiskusikan lagu tersebut dengan Ibu Ani Yudhoyono.

Sebagai informasi, hari ini, Rabu (30/3/2016), SBY yang hadir bersama Ani Yudhoyono akan menyampaikan orasi ilmiah bertema “Akselerasi Inovasi Perguruan Tinggi Berwawasan Konservasi dalam Membangun Peradaban” dalam upacara puncak Dies Natalis ke-51 Unnes.  Dalam kesempatan itu, SBY memberikan Kuliah Umum dengan judul Pembangunan Berkelanjutan Menuju Indonesia Maju Abad 21. (DPPP001)

Foto: Mahasiswa Unnes menyanyikan lagu karya SBY. (Foto: Humas Unnes/Dwi Sulistyawan/Unnes/ac.id)

Lagu untuk bumi kita cover by Sandy Sandoro