Penanganan Kasus Narkoba di Pacitan Naik 60 Persen

oleh -13615 views

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala Kepolisian Resor Pacitan, Ajun Komisaris Besar Polisi Taryadi menyebut bahwa meski Pacitan adalah kota kecil, namun angka penyalanhgunaan narkotika dan obat terlarang (narkoba) patut diwaspadai.

“Pada tahun 2015, penanganan kasus narkoba oleh Polres Pacitan mengalami kenaikan sebesar 60 persen, sehingga hal tersebut membuktikan penyalagunaan narkoba di wilayah Pacitan sudah ada walaupun termasuk kota kecil,” katanya, saat rapat koordinasi dalam rangka menggelar operasi bersinar, Senin (21/3/2016) lalu di Gedung Aula Jana Nuraga, Polres Pacitan.

Lebih lanjut, Taryadi mengungkapkan bahwa pihaknya akan menggandeng instansi terkait untuk menyukseskan operasi bersinar 2016 yang digelar serentak mulai Senin (21/3/2016) lalu hingga Rabu (20/4/2016) mendatang.

“Karena pemberantasan narkoba merupakan instruksi langsung Presiden Indonesia untuk melakukan bersih-bersih narkoba termasuk di internal departemen, instansi dan perkantoran, sehingga Polres Pacitan juga akan menyukseskan dengan menggandeng instansi terkait,” tandasnya.


Dalam pelaksanaan teknis operasi bersinar di Pacitan, Taryadi menyampaikan bahwa target operasi  terdiri dari orang yaitu TO yang sudah ditentukan serta masyarakat yang terjaring serta tempat terdiri dari pabrik, lapas, tempat hiburan. “Kemudian tempat kos, pemukiman-pemukiman narkoba serta daerah-daerah yang dianggap sebagai penyuplai dan tempat pembuatan narkoba,” ujarnya.

Selain itu, Taryadi menyebut bahwa secara internal, jajarannya juga akan memperketat pengawasan terhadap anggota, indikasi anggota yang terlibat penyalahgunaan narkoba dengan melakukan cek urin dan penyelidikan jaringan bila ada keterlibatan internal oknum anggota Polri.

Sementara, penanggungjawab Bupati Pacitan, Priyo Dharmawan menyampaikan apresiasi langkah Polres Pacitan sehingga pemahaman tentang operasi bersinar 2016 dapat dimengerti dan satu pemahaman antar instansi yang terlibat. “Pemerintah Kabupaten Pacitan mendukung seluruhnya kegiatan operasi bersinar 2016 di wilayah Kabupaten Pacitan,” kata Priyo. (hr/Polres/RAPP002)

Foto: Suasana Rakor ops bersinar Polres Pacitan. (Foto: Polres Pacitan)