Pemkab Pacitan Akan Bangun Penampungan untuk Penderita HIV/AIDS

oleh -13662 views

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan berencana akan membangun fasilitas penampungan bagi orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Terhitung sejak tahun 2007 hingga bulan Maret 2016 ini, sebanyak 225 penderita HIV/AIDS. Dalam tiga bulan terakhir juga ada 9 ODHA baru.

Kepala Dinas Kesehatan Pacitan, Rakhmad Dwiyanto, baru-baru ini kepada wartawan mengatakan bahwa fasilitas penampungan bagi ODHA tersebut berada di Desa Pakis Baru, Kecamatan Nawangan.

“Tempat konsultasi ini nantinya yang bisa membuat ODHA nyaman dan merasa terlindungi, kami sudah ajukan proprosal tapi sampai saat ini masih belum disetujui,’’ katanya.

Pembangunan tempat ini, kata Rakhmad, sebagai bentuk perhatian dari pemkab. Karena mereka kerap dikucilkan masyarakat karena dianggap bisa menularkan penyakit berbahaya. Tidak heran jika ODHA cenderung menutup diri dan tidak leluasa bergaul dengan lingkungannya.


Secara terpisah, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pacitan, dr Iman Darmawan menghimbau kepada segenap warga masyarakat Pacitan untuk setia kepada pasangan masing-masing, hal ini dikarenakan semakin bertambahnya penderita HIV/AIDS.

 “Agar warga masyarakat setia kepada pasangan masing – masing dan mau peduli dengan seks aman. Di antaranya, tidak melakukan seks bebas dan tidak berganti-ganti pasangan,” katanya.

Sebagai informasi, dari 225 ODHA di Pacitan, kebanyakan penderita didominasi ODHA berumur 21-60 tahun. (RAPP002/her/yup)

Sumber: Radar Madiun