9 Tahun, 225 Penderita HIV/AIDS di Pacitan, 9 Diantaranya ODHA Baru

oleh -131.342 views

Pacitanku.com, PACITAN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan mencatat penyebaran penyakit HIV/AIDS di Pacitan terus bertambah. Terhitung sejak tahun 2007 hingga bulan Maret 2016 ini, sebanyak 225 penderita HIV/AIDS.

Kepala Dinkes Pacitan, Rakhmad Dwiyanto juga menyebut bahwa dalam tiga bulan terakhir, pihaknya mencatat ada 9 orang dengan HIV/AIDS (ODHA) baru. Namun demikian, kata Rakhmad, dari jumlah tersebut, 50 persen penderitanya telah meninggal dunia. Sedangkan, sisanya masih menjalani pengobatan.

‘’Ini yang menjadi pekerjaan rumah bagi kita semua. Yang jelas, beberapa pemahaman harus disampaikan kepada masyarakat terkait bahaya penyebaran penyakit ini,’’ katanya, baru-baru ini kepada wartawan.

Lebih lanjut, Rakhmad menyampaikan bahwa keberadaan ODHA perlu mendapat perhatian dari pemkab. Karena mereka kerap dikucilkan masyarakat karena dianggap bisa menularkan penyakit berbahaya. Tidak heran jika ODHA cenderung menutup diri dan tidak leluasa bergaul dengan lingkungannya.


Selain itu, Rakhmad juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak risau dengan keberadaan ODHA. Menurutnya, stigma menularkan penyakit berbahaya itu perlu diubah. Karena HIV/AIDS hanya bisa menular melalui hubungan seksual dan jarum suntik.

Menurut Rakhmad, mengucilkan ODHA justru akan membuat yang bersangkutan stres dan imun tubuhnya makin menurun. ‘’Sebenarnya ODHA perlu dukungan moral dari keluarga dekat dan lingkungan agar terus memiliki harapan untuk hidup,’’ pungkasnya. (her/yup/RAPP002)

Sumber: Radar Madiun