Proyek Pembangunan Jembatan Grindulu II Baru 10 Persen

oleh -131.732 views

Pacitanku.com, PACITAN – Proyek pembangunan jembatan Grindulu jilid II saat ini penggarapannya baru rampung 10 persen yakni sekitar 300-400 meter dari total sepanjang 4,5 kilometer. Selain itu, proyek ini juga sempat mengalami kendala karena crane yang digunakan untuk mengangkat balok fondasi jembatan rusak.

Dengan kondisi itu, pengerjaan awal pembangunan jembatan oleh PT Nindya Karya itu terpaksa berhenti. Karena pemasangan balok beton untuk fondasi jembatan tidak bisa dilakukan. ‘’Informasi dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V (BBPJN) wilayah Pacitan kerusakan baru bisa diatasi tiga hari lagi. Sebab, penggantinya masih menunggu dari Singapura,’’ kata penanggung jawab Bupati Pacitan, Priyo Dharmawan belum lama ini.

Lebih lanjut, Priyo menyampaikan bahwa anggaran multiyears kelanjutan proses pengerjaan JLS ruas Ploso-Sirnoboyo itu diambilkan dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2014 lalu dan sebagian APBN 2015.


Adapun, total besaran anggarannya mencapai Rp 98,3 miliar. Masing-masing, Rp 20,3 miliar untuk pengerjaan jembatan Grindulu II yang memiliki panjang sekitar 750 meter dan lebar sekitar 10 meter. Dan, Rp 78 miliar untuk pengerjaan jembatan Sirnoboyo yang memiliki panjang sekitar 350 meter. ‘’Targetnya tahun 2018 harus selesai,’’ katanya.

Sebagai informasi, rencananya jalur ini akan difungsikan sebagai percepatan akses perekonomian penunjang pembangunan Pelabuhan Barang dan Niaga di Desa Kembang, Kecamatan Pacitan. Meskipun, saat ini proses pembangunan pelabuhan tersebut masih terkendala akses jalan yang dinilai masih terlalu tinggi. ‘’Yang jelas untuk mempercepat pertumbuhan perekonomian daerah,’’ tuturnya.

Adapun untuk total pembangunan dua jembatan penghubung JLS ruas Ploso-Sirnoboyo itu menghabiskan anggaran sekitar Rp 348,9 miliar. Rinciannya, Rp 253,96 milyar untuk pembangunan jembatan Grindulu II dan Rp 95,9 miliar untuk pembangunan jembatan Sirnoboyo. Sementara, untuk paket lelang pembangunan JLS Sirnoboyo-Ploso dimulai dari Kecamatan Ploso. (her/yup/RAPP002)

Sumber: Radar Madiun