Jelang GMT, Warga Diminta Sholat Gerhana

oleh -131.066 views

Pacitanku.com, PACITAN – Pada Rabu (9/3/2016) mendatang akan terjadi fenomena langka, yakni gerhana matahari. Saat itu, cahaya matahari penuh menyinari bumi, siang akan tampak benderang dengan nuansa kuning.

Dilansir Pacitanku.com dari berbagai literatur, gerhana Matahari adalah fenomena langka yang jadi buruan manusia sejak dulu. Kali ini istimewa karena wilayah daratan yang dilalui gerhana total hanya Indonesia. Saat Gerhana Matahari total menghampiri 12 provinsi di Indonesia, siang akan berubah seperti malam.

Namun, dari Pacitan tidak sampai terlihat total, namun bagi sebagian warga muslim telah menantinya dengan mempersiapkan sholat gerhana.  Kantor Kementerian Agama Pacitan sendiri mengimbau seluruh masyarakat untuk melaksanakan sholat gerhana tersebut. Memohon kepada Tuhan yang Maha Kuasa agar menjauhkan segala bencana dan mengembalikan kecerahan.


Penyelenggara Syariah Kantor kementerian Agama Pacitan Bambang Hadi Suprapto, S.Ag MM mengatakan, himbauan ini disampaikan kepada seluruh tokoh agama, imam masjid dan mushola serta masyarakat umum untuk melaksanakan kegiatan tersebut di tempat masing-masing. “Untuk tingkat kabupaten akan dilaksanakan di masjid Darul Falah dimulai pukul 07.00 WIB,” katanya, dilansir laman SKPD Pacitan, Senin (7/3/2016).

Pelaksanaan sholat gerhana ini sendiri juga merujuk instruksi Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI, tentang seruan sholat gerhana. Sesuai data astronomi GMT akan terjadi Rabu, 9 Maret 2016. Awal gerhana dimulai 06.19 WIB, puncak gerhana pada pukul 07.21 WIB dan akhir gerhana pada pukul 08.31 WIB. (RAPP002/SKPD)