Tunggakan Raskin di Pacitan Capai Rp 403,8 Juta

oleh -13734 views
Raskin. (Foto: Metro24)
Raskin. (Foto: Metro24)

Pacitanku.com, PACITAN – Program beras untuk keluarga miskin (raskin) di Pacitan kembali terhambat masalah klasik, yakni tunggakan. Data dari Bagian Administrasi Perekonomian, sisa tunggakan pembayaran raskin jatah bulan Januari lalu mencapai Rp 403,8 juta. Dari jumlah tersebut, Kecamatan Nawangan menduduki posisi tertinggi dalam menunggak raskin yang mencapai Rp 126 juta.

Menurut keterangan Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Pemkab Pacitan, Ani Yustiani, baru-baru ini mengungkapkan, masih adanya sisa tunggakan alokasi raskin tersebut lebih disebabkan karena faktor geografis. Lokasi desa di perbukitan dan akses jalan yang minim membuat penagihan pembayaran raskin kerap terhambat. ‘’Biasanya tunggakan sudah lunas sebelum penyaluran raskin tahap ke dua,’’ katanya, baru-baru ini.

Menurut Ani, pihaknya sudah berusaha maksimal menuntaskan tunggakan raskin. Bahkan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan bulog untuk melakukan evaluasi tiap bulannya terkait tunggakan pembayaran raskin utamanya di desa-desa yang berada di wilayah geografisnya sulit dijangkau. ‘’Sudah ada yang menangani. Biasanya bulog punya tim sendiri untuk menagih tunggakan tersebut ke desa-desa,’’ katanya.




Saat ini, meskipun sering didera persoalan tunggakan pembayaran, jatah raskin tahun ini tidak berkurang dibanding tahun lalu. Ada 41.519 kepala keluarga (KK) yang mendapat jatah raskin dengan total subsidi mencapai Rp 996,4 juta. ‘’Pedoman penyaluran raskin adalah data tahun 2015. Karena masih menunggu pemutakhiran data dari Badan Pusat Statistik (BPS),’’ jelasnya.

Ani mengakui, tidak semua penduduk miskin di Pacitan terdaftar sebagai penerima raskin tahun ini. Pasalnya, data yang digunakannya berdasarkan Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) tahun 2011. Agar tidak gigit jari, mereka yang kelewatan tidak dapat raskin diupayakan masuk dalam program Grindulu Mapan. Tahun ini, program tersebut sudah mengkover sekitar 2.789 RTSM dari total keseluruhan 2.900 RTSM sesuai pendataan terkini. (her/yup)

Sumber: Radar Madiun