Mulai Besok, Polres Pacitan akan Gelar Operasi Simpatik

oleh -899 views
Sejumlah anggota Polres Pacitan menggelar razia operasi zebra semeru 2015. (Foto: POlres Pacitan)
Foto Ilustrasi, sejumlah anggota Polres Pacitan menggelar razia operasi zebra semeru 2015. (Foto: POlres Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor Pacitan, Ajun Komisari Polisi (AKP) Pujiyono membenarkan informasi bahwa akan ada Operasi Simpatik Lalu Lintas di Kabupaten Pacitan.

“Ya benar, operasi simpatik digelar mulai 1 Maret sampai dengan 21 Maret 2016,” katanya saat dikonfirmasi Pacitanku.com, Senin (29/2/2016).

Lebih lanjut, Pujiyono menyampaikan bahwa sasaran operasi tersebut adalah para pengguna jalan yang berada di jalan. “Tetapi lebih kepada penanaman kesadaran seluruh masyarakat untuk tertib berlalu lintas,” katanya.


Pujiyono menyampaikan bahwa dalam operasi tersebut, penegakan hukum lebih di fokuskan di kawasan tertib lalu lintas (KTL), daerah rawan kecelakaan (jalur tengkorak). “Selain itu juga jalur rawan macet, jalur black spot (kurang penerangan) dan rawan kriminal jalanan (street crime),” ujarnya.

Operasi ini digelar serentak oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) di seluruh Indonesia. Dalam operasi ini, petugas akan memeriksa kelengkapan surat-surat semua jenis kendaraan bermotor. 

Dikatakan Pujiyono, operasi ini  mempunyai tema yakni “Revitalisasi Penerapan Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL)” yang bertujuan untuk  menciptakan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, Kelancaran, Berlalu lintas (Kamseltibcarlantas). “Fokusnya nanti di kawasan tertib lalu lintas ( KTL), mengedepankan pencegahan dan edukasi kepada masyarakat untuk tertib lalu lintas guna menjamin Kamseltibcar lantas,” jelasnya.

Dalam operasi itu, petugas juga akan memastikan helm pengendara sepeda motor sesuai dengan Standar Nasional Indonesia. Begitu juga dengan spion, knalpot, ban, dan spesifikasi teknis lainnya. “Mari kita sadar tertib di jalanan guna keamanan dan kenyamanan kita semua,” tutup Pujiyono. (DPPP001)