Gubernur: Pelantikan Bupati Pacitan Tunggu Jadwal Resmi

oleh -10856 views
Soekarwo (Foto : beresnews)
Soekarwo (Foto : beresnews)

Pacitanku.com, SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan bahwa pelantikan pasangan bupati terpilih Pacitan dan Tuban hasil Pemilihan Kepala Daerah serentak 9 Desember 2015 menunggu jadwal resmi dari pemerintah pusat.

“Sampai sekarang saya belum menerima jadwal pelantikan dan menunggu instruksi dari Menteri Dalam Negeri,” ujarnya kepada wartawan di Surabaya, baru-baru ini.

Dari 19 daerah yang menggelar pilkada lalu, sebanyak 17 bupati/wali kota terpilih telah dilantik serentak pada 17 Februari 2015, kecuali dua daerah tersebut. Pilkada Kabupaten Pacitan yang dimenangi pasangan Indartato-Yudi Sumbogo tersebut, masa akhir periodesasinya adalah 21 Februari 2016 kemarin.


Untuk Kabupaten Tuban yang pada Pilkada lalu dimenangkan Fathul Huda dan Noor Nahar Hussein, masa jabatannya berakhir 20 Juni 2016. Untuk mengisi kekosongan kepemimpinan, khususnya di Pacitan, Gubernur Jatim akan menunjuk seorang Penjabat Bupati sehari setelah habisnya masa jabatan kepala daerah lama. “Rencananya pelantikan Penjabat Bupati Pacitan digelar Senin malam, 22 Februari,” ucap Pakde Karwo, sapaan akrabnya.

Sementara itu, untuk Penjabat Bupati Tuban masih belum ditentukan karena menunggu petunjuk dari Menteri Dalam Negeri, termasuk nama pejabat Pemprov Jatim yang ditunjuk sebagai Penjabat Bupati.

Seperti kabar yang beredar, rencananya pada malam ini, Senin (22/2/2016) akan dilantik Pjs Bupati Pacitan yang akan dijabat Priyo Darmawan, Ketua Badan Litbang Provinsi sebagai Plt Bupati Pacitan. Sementara, untuk pelantikan Indartato-Yudi Sumbogo sendiri direncanakan bulan depan, namun belum jelas tanggal dan waktunya. (RAPP002/Ant)