Jurnalistik untuk Promosi Wisata Pacitan

oleh -744 views

Pacitanku.com, PACITAN – Dalam rangka memperingati semarak hari jadi Pacitan (Hajatan) ke 372, Komunitas Lensa Indie Pacitan (KLiC) mengadakan workshop jurnalistik dan fotografi dengan tema “yuk, promosikan wisata Pacitan melalui media dan foto”, pada sabtu (13/2/2016), di Kompleks Pasar Sawo, Jalan Ahmad Yani, Pacitan. Kegiatan ini diikuti sekolah-sekolah yang ada di Pacitan.

Pembukaan diawali dengan pidato dari ketua penyelenggara Joko Mulyanto. Kemudian dilanjutkan dengan sesi perkenalan oleh beberapa perwakilan dari masing-masing sekolah yang hadir. Diantaranya perwakilan dari SMAN 1 Pacitan, SMPN 1 Pacitan dan bahkan dari SMPN 1 Tegalombo juga tidak kalah menyampaikan bagaiamana kegiatan jurnalistik di sekolahnya.


Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh bapak Dwi Purnawan, pendiri Portal berita Pacitanku.com. Menurut Dwi, beberapa aspek-aspek penting mengenai jurnalistik, bagaimana penulisan berita yang baik, dan bagaimana membuat berita yang aktual, faktual dan sesuai dengan kode etik jurnalistik.

Setelah materi disampaikan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Dwi Purnawan, pendiri portal berita Pacitanku.com. Menurut Dwi , beberapa aspek-aspek penting mengenai jurnalistik , bagaimana penulisan berita yang baik, dan bagaimana membuat berita yang aktual, faktual dan sesuai dengan kode etik jurnalistik.

Setelah materi disampaikan , dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan praktek membuat berita yang akan dipublikasikan di portal Pacitanku.com. Dalam acara ini juga memfasilitasi dengan  sertifikat yang ditandatangani oleh kepala dinas Pendidikan. “Bisa jadi bad news (berita buruk) adalah good news (berita baik) untuk seorang wartawan maupun jurnalis,” tukas Dwi.

Liputan: Arnindya OC ((Exist SMA 271 Pacitan)