Maret, Indartato Dilantik Sebagai Bupati Pacitan

oleh -131.062 views
Konferensi Pers Indartato usai menang dalam real count Pilkada Pacitan 2015. (Foto: Indartato Pacitan/FB)
Konferensi Pers Indartato usai menang dalam real count Pilkada Pacitan 2015. (Foto: Indartato Pacitan/FB)

Pacitanku.com, PACITAN – Pasangan bupati terpilih, Drs H Indartato, MM dan Drs H Yudi Sumbogo akan dilantik pada bulan Maret 2016 mendatang. Jadwal pelantikan ini akan digelar di Gedung Negara Grahadi Surabaya dan mengacu berdasarkan Kawat Sandi dan Telekomunikasi Kemendagri No : 005/389/SJ tanggal 5 Pebruari 2016 tentang rencana pelantikan Bupati/Walikota terpilih.

Pelantikan pasangan Indigo berbeda hari dibandingkan 17 kepala daerah lainnya, yang digelar pada Rabu (17/2/2016) karena masa jabatan Bupati Indartato yang baru habis pada 21 Februari mendatang. Selain Pacitan, satu kabupaten yang pelantikannya digelar terpisah adalah pasangan Fatchul Huda – Nur Nahar Hussein dari Kabupaten Tuban.


Menanggapi jadwal pelantikan ini, Indartato menyerahkan sepenuhnya pada ketentuan aturan yang ada. Indartato yang akan memasuki masa purna tugas pada 21 Februari itu juga enggan memberikan pernyataan apapun, kecuali hanya menyerahkan sepenuhnya pada proses yang tengah berjalan sebagaimana ketentuan tata aturannya.

Indartato mengatakan bahwa jadwal pelantikan merupakan kewenangan pusat dan provinsi. Sehingga daerah cukup menunggu dan melaksanakan saja. ‘’Jadi saya hanya menanti. Artinya, mengikuti apa saja yang digariskan oleh pemerintah,’’ ujarnya saat dikonfirmasi.

Meskipun sudah ditetapkan sebagai pemenang pilkada, Indartato tetap sabar, termasuk tidak pro aktif menanyakan kepastian ke gubernur atau kemendagri. ‘’Menurut saya sudah ada yang mikir sendiri. Termasuk, bagaimana jika pemerintahan kosong kalau belum ada pelantikan,’’ kata mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pacitan ini.

Sementara, Hariyo Jumanto, Sekretaris DPRD Pacitan mengatakan bahwa meski Pacitan tidak terkendala sengketa pilkada, jadwal pelantikan tetap menunggu keputusan pusat. Hariyo berharap segera ada kepastian dan pedoman yang jelas terkait pelantikan bupati dan wakil bupati. ‘’Kami terus berkoordinasi dengan Biro Administasi Pemerintahan Umum Pemprov Jawa Timur (Jatim),’’ ungkapnya.

Berikut daftar kepala daerah yang  dilantik di Gedung Grahadi, Surabaya pada 17 Februari, Maret dan Juni 2016.

1 Kota Surabaya (Tri Rismaharini – Wisnu Sakti Buana)

2 Kota Pasuruan (H. Setiyono – Raharjo Teno Prasetyo)

3 Kota Blitar (Moch Samanhudi Anwar – Santoso)

4 Kab. Mojokerto (Mustafa Khemal Pasha – Pungkasiadi)

5 Kab. Gresik (Sambhari – Qhosim)

6 Kab. Malang (Kresna – Sanusi)

7 Kab. Sidoarjo (Saifullah – Muhammad Nur Syaifudin)

8 Kab. Situbondo (Dadang Wigiarto – Yoyok Mulyadi)

9 Kab. Lamongan (Fadli – Kartika)

10 Kab. Sumenep (Busyro Karim – Achmad Fauzi)

11 Kab. Blitar (Rijianto – Marhaenis Urip Widodo)

12 Kab. Trenggalek (Emil Elestianto Dardak – M. Nurarifin)

13 Kab. Kediri (Harianti – Maskuri)

14 Kab. Jember (Faida M – Mukhid Muqit)

15 Kab. Ponorogo (Ipong Muchlisin – Soedjarno)

16 Kab. Ngawi (Budi Sulistiono – Any Anwar)

17 Kab. Banyuwangi (Abdullah Anwar Anas – Yusuf Widiatmoko).

Sedangkan 2 Kabupaten lainnya (Pacitan dan Tuban) akan dilantik masing-masing bulan Maret 2016 dan Juni 2016 sesuai dengan berakhirnya masa jabatan Bupati/Wabup yg lama.

18 Kab. Pacitan (Indartato – Yudi Sambogo)

19 Kab. Tuban (Fatchul Huda – Nur Nahar Hussein)

(RAPP002)