Kasus Kepemilikan Senpi di Pacitan: AT Sempat Ngaku Jadi Anggota TNI AL

oleh -0 Dilihat

Pacitanku.com, TULAKAN – Pria berinisial AT (25) warga Cengkareng, DKI Jakarta yang berdomisili dirumah M (55) warga Dusun Perang RT 03/RW 12, Desa Losari, Kecamatan Tulakan ditangkap petugas dari jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0801 Pacitan karena kasus kepemilikan senjata api (Senpi) ilegal.

Sebelum ditangkap, kepada petugas, AT bahkan mengaku dan menunjukan kartu tanda anggota (KTA) milik salah satu kesatuan elit di TNI-AL, namun ternyata KTA tersebut palsu” Namun setelah diperiksa ternyata KTA tersebut palsu dan AT bukan anggota prajurit TNI,” ujar Komandan Kodim 0801 Pacitan, Letkol Inf Yudi Diliyanto di Pacitan, Jumat kemarin.

Atas temuan tersebut, petugas Kodim 0801/Pacitan Lettu Inf Nurhadi Sugiyono dan enam orang anggota lainnya, kemudian menyerahkan AT dan M, beserta barang bukti senjata api ke Mapolsek Tulakan guna pemeriksaan dan penyelidikan lebih lanjut sesuai hukum yang berlaku di Indonesia.


Sebagaimana diberitakan sebelumnya di Pacitanku.com, Kodim 0801 Pacitan menangkap dua warga AT (25) dan M (55), pemilik rumah yang sempat ditinggali AT selama beberapa hari di Dusun Perang RT 03/RW 12, Desa Losari, Kecamatan Tulakan.

Keberadaan AT memicu kecurigaan warga karena sudah singgah di rumah M sejak 30 Desember 2015 namun tidak pernah melapor ke perangkat RT/RW setempat. Dari laporan warga ke Koramil 0801/08 Tulakan itulah, anggota kemudian berkoordinasi dengan Pasi Intel Kodim 0801/Pacitan, untuk menyelidiki kebenaran informasi yang telah diberikan oleh warga.

Dari tangan saudara AT ini, petugas menyita enam pucuk senjata api ilegal, satu pucuk senjata airsoftgun serta tiga bilah senjata tajam.  Enam pucuk senpi itu terdiri dari lima senjata api laras panjang kaliber 5,5 milimeter, serta satu pucuk senjata api laras panjang kaliber 9 milimeter. Petugas juga menemukan satu pucuk senjata jenis airsoft gun, satu tabung gas, serta tiga bilah senjata tajam dengan rincian satu bilah samurai, satu bilah celurit dan satu buah sangkur kecil. (RAPP002)