Pemkab Coba Garap Pengembangan Wisata Bagian Timur Pacitan

oleh -0 Dilihat
Bupati Indartato melayang diatas pantai Taman. (Foto : Pekhatik Kadhipaten)
Tempat wisata Pacitan, Bupati Indartato melayang diatas pantai Taman. (Foto : Pekhatik Kadhipaten)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan mulai akan mengembangkan kawasan pariwisata di bagian timur Pacitan.

Menurut Bupati Pacitan, Drs H Indartato, MM, pihaknya akan membagi fokus perhatian kepada pengembangan obyek wisata di bagian timur dalam rangka mengimbangi pesatnya perkembangan pariwisata kawasan Pacitan bagian barat.

“Untuk menjadikan kawasan timur sebagai destinasi wisatawan maka infrastruktur harus terpenuhi. Terutama, akses jalan menuju obyek wisata, selain itu, Pacitan sekarang sudah terbuka. Apalagi, adanya JLS obyek obyek wisata akan semakin dikenal,” jelasnya, dilansir laman SKPD Pacitan.


Menurut Indartato, tidak dipungkiri, terbukanya jalur lintas selatan membuat panorama pantai-pantai di Pacitan semakin terkenal. Bahkan, indahnya obyek wisata dikawasan Pacitan timur kini mulai menjadi destinasi baru bagi wisatawan.

“Di Pantai Pidakan, Dusun Godek Kulon Desa Jetak, selama libur natal, tahun baru dan libur sekolah lalu kunjungan wisatawan meningkat tajam, bahkan, pendapatanya mencapai lebih dari Rp.100 juta,” ujar Camat Tulakan, Erwin Andriatmoko, beberapa waktu lalu.

Sementara, menurut catatan Dinas Kebudayaan, pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Pacitan, sepanjang tahun 2015 jumlah kunjungan yang berwisata ke Pacitan mencapai 1,5 juta pengunjung.

Berdasarkan data Pacitanku.com, di bagian timur Pacitan sendiri merupakan wilayah dengan mayoritas pantai. Lebih dari 70 persen atau sebanyak 44 pantai dari total 68 pantai di Pacitan terdapat di wilayah Pacitan bagian timur yang melintasi kecamatan Kebonagung, Kecamatan Tulakan, Kecamatan Ngadirojo dan Kecamatan Sudimoro. (Riz/RAPP002/SKPD)