Menikmati Sensasi Ceklukan, Musik Alam dari Air Kali Barong

oleh -131.222 views
Musik Alam Ceklukan di Kali Barong.

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Sungai Barong yang terletak di Dusun Barong, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan Jawa Timur akhir-akhir ini mendadak populer dengan beragam aktivitas warganya menghidupkan kembali geliat desa wisata.

Setelah cukup sukses dengan launching desa wisata Kali Barong bulan Oktober tahun lalu, kini pengelola Kali Barong terus menambah fasilitas untuk semakin menghidupkan ekonomi pariwisata di kawasan yang rindang itu, salah satunya melalui kesenian khas masyarakat, Ceklukan.

Menurut keterangan Muhammad Rofiqin, pengelola desa wisata Kali Barong, saat dikonfirmasi Pacitanku.com melalui sambungan telepon seluler, baru-baru ini mengatakan bahwa kesenian “Ceklukan” ini merupakan tradisi masyarakat setempat yang sudah berlangsung sejak puluhan tahun lalu.

“Ceklukan sendiri adalah alunan musik yang tercipta dari air sungai, dengan dimainkan oleh enam sampai tujuh orang air sungai yang biasanya hanya menghasilkan deburan air yang berirama,” tandas pria yang juga Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Pacitan ini.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Mamad ini menyampaikan bahwa pada zaman dahulu, Ceklukan adalah hiburan masyarakat setempat sembari menikmati nuansa sore hari. Berbekal sejarah masa lampau itulah, Mamad menginginkan musik air Ceklukan bisa ditumbuhkan kembali.

“Saya pun baru saja tahu ada musik yang indah ini, tentunya di Pacitan sendiri sudah ada pendahulunya, yakni Goa Tabuhan yang merupakan alunan musik alam yang tercipta dari bebatuan goa, nah, Ceklukan ini bisa jadi menambah musik alam di Pacitan, dengan media air sungai,” jelasnya.

Setelah mengetahui ada potensi musik air yang bisa dikembangkan, Mamad berencana akan terus melakukan pengembangan Ceklukan ini hingga menambah fasilitas Kali Barong, setelah sebelumnya ada fasilitas wisata Ndayung Prau Mancung dan Sepeda Air.

“Rencananya, pada kamis (14/1/2016) mendatang, Ceklukan akan kami tampilkan untuk menyambut agenda tilik warga bapak Bupati Pacitan, dan kedepan coba akan kami kembangkan dengan modifikasi ditambah penari, agar unsur budaya dan alam semakin melekat di Ceklukan ini,” pungkasnya.

Tertarik mencoba melihat Ceklukan, silahan berkunjung ke Kali Barong, gratis. (RAPP002)

“Ceklukan” (permainan musik air)Menggali kembali Tradisi yang telah mati.#wisatagratis_kalibarong

Dikirim oleh Muhammad Rofiqin pada 9 Januari 2016