Asyiknya Mengayuh Sepeda di Atas Sungai Barong, Mau Coba?

oleh -1.046 views
mengayuh sepeda di sungai Barong

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Alam Pacitan tak pernah berhenti menawarkan pesonanya yang indah. Selain wisata pantai, Goa dan juga sejarah dan budaya, satu lagi wahana wisata yang kini sedang terus dikembangkan di Pacitan, yakni wisata sungai. Nah, salah satu sungai yang terus berbenah untuk menyajikan konsep wisata yang apik di Pacitan adalah Sungai Barong, yang terletak di Dukuh Barong, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku.

Setelah beberapa waktu lalu diresmikan sebagai wahana wisata sungai baru oleh Bupati Indartato, pengelola sungai Barong terus melakukan pembaruan-pembaruan untuk menarik minat pengunjung merasakan sensasi berwisata sungai. Yang terbaru, dua sepeda dijadikan wahana baru di sungai dengan kepanjangan 150 meter ini.

“Awalnya kan kami menyediakan dayung perahu mancung, namun biar ada tambahan wahana yang lebih menantang, kami menyiapkan dua unit sepeda yang bisa digunakan untuk bersepeda diatas air sungai, dan memang sensasinya luar biasa saat menngayuh sepeda diatas sungai,” kata Muhammad Rofiqin, pengelola desa wisata Sungai Barong, kepada Pacitanku.com, baru-baru ini.

Lebih lanjut, Rofiqin yang akrab disapa Mamad ini menyampaikan bahwa pihaknya akan terus melakukan pembaruan-pembaruan agar Desa Wisata Sungai Barong semakin dikenal dan menjadi incaran wisatawan menikmati sensasi berwisata diatas sungai.


“Misi kami memang bagaimana agar Desa Wisata ini terbentuk, yang tentunya kami berharap efeknya bisa dirasakan masyarakat disini, misalnya dengan semakin ramainya Sungai Barong, maka ekonomi masyarakat kecil disini semakin menggeliat, dan tentu efeknya kembali ke masyarakat tersebut,” kata pria yang juga Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Pacitan ini.

Menurut Mamad, yang membedakan wahana sepeda air dibanding wahana sebelumnya, yakni perahu mancung adalah letak tantangannya. “Jika perahu mancung, hanya tangan yang bergerak, nah di wahana sepeda air ini, kaki dan tangan tergerakkan, sehingga sensasinya pun berbeda,” katanya.

Dengan adanya tambahan wahana tersebut, kini wisata Sungai Barong memiliki dua fasilitas, yakni dua perahu mancung dengan kapasitas tiga orang, dan juga dua unit sepeda sungai. “Untuk menjaga keseimbangan, kami buat semacam pelampung di sepeda tersebut yang terbuat dari paralon, sehingga yang menggunakan bisa menikmati mengayuh sepeda diatas sungai,” pungkasnya.

Nah, Anda berminat menikmati wahana bersepeda diatas sungai? Atau berpacu mendayung dengan perahu mancung? Silahkan datang ke Sungai Barong. (DPPP001)

Pengen nyobain sensasi berwisata di Pacitan yang berbeda dan asyik? Cobain saja naik sepeda dan menyusuri sungai sepanjang 150 meter di Dukuh Barong, Desa Candi, Pringkuku ini. Tertarik? gratis kok..

Dikirim oleh Portal Pacitanku pada 8 Januari 2016