Pesona 9 Karang Unik Pantai ini Bikin Anda Betah di Pacitan

oleh -953 views
Pemandangan Watu Narada di pantai Buyutan yang elok. (Foto: Arif Sasono)
Tempat Wisata Pacitan, Pemandangan Watu Narada di pantai Buyutan yang elok. (Foto: Arif Sasono)

Pacitanku.com, PACITAN – Keindahan 68 pantai yang tersebar di Pacitan sudah tidak terbantahkan lagi. Salah satu hal yang paling unik dari keberadaan pantai di Pacitan adalah fenomena karangnya yang memiliki ciri khas tersendiri. Bahkan diantara 68 pantai tersebut, setidaknya ada sembilan karang khas yang dimiliki pantai-pantai di Pacitan.

Karang dengan nuansa khas tersebut semakin mencerminkan keindahan panorama pantai di Pacitan. Dengan adanya beberapa karang unik ini, dijamin Anda akan semakin betah berwisata dan menikmati pantai di Pacitan.

Berikut sembilan pantai di Pacitan yang memiliki karang menarik dan unik.

Kembaran Sphinx Pantai Klayar

Pantai Klayar tak bisa dipungkiri adalah pantai paling lengkap yang ada di Pacitan. Selain unsur ombak, pantai yang terletak di Dusun Kendal, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo ini memiliki sebuah bukit karang yang menjadi ciri khas, yang dianggap sebagai kembaran Sphinx di Mesir.

Sphinx yang terletak di timur ini menjadi pemandangan tebing – tebing karst nan kokoh ini bisa dijumpai di hampir semua penjuru pantai Klayar. Dari tebing yang menjulang tinggi mirip patung Sphinx di Mesir, sampai tebing berbentuk gapura yang elok untuk disaksikan. Pun ada juga bagian karang yang agak landai sehingga bisa anda gunakan untuk istirahat sejenak sembari menikmati pemandangan laut selatan yang indah dipandang mata.

Watu Narada Pantai Buyutan

Pemandangan Watu Narada di pantai Buyutan yang elok. (Foto: Arif Sasono)
Pemandangan Watu Narada di pantai Buyutan yang elok. (Foto: Arif Sasono)

Salah satu pantai yang sangat elok dan menjadi salah satu obyek wisata unggulan di Pacitan adalah Pantai Buyutan. Pantai yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo ini memiliki kekhasan tersendiri, yakni watu narada.


Watu narada menjadi daya tarik utama Pantai Buyutan, yang bentuknya adalah batuan karang mirip tokoh pewayangan Batara Narada (baca: Narodo). Berdasarkan sejarahnya, pantai Buyutan terbentuk karena pengangkatan aktif di sepanjang pantai yang menghasilkan morfologi undak pantai setinggi puluhan meter.

Pulau karang dengan bentuk yang unik di lepas pantai merupakan sisa sebuah tanjung kecil yang hancur karena terpaan ombak dalam kurun waktu yang lama.

Putri Samudera Pantai Watukarung

Putri Samudera Pantai Watukarung. (Foto: Arif Sasono)
Putri Samudera Pantai Watukarung. (Foto: Arif Sasono)

Pantai yang terletak di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku ini memiliki beberapa pesona, diantaranya adalah ombak yang disukai para peselancar, dan satu lagi adalah karang yang khas. Karang yang khas itu berada di tengah laut yang dimana bila kita meilihat batu karang tersebut dari arah tertentu maka akan terlihat seperti wajah manusia, karena bentuknya seperti wajah seorang perempuan, batu karang ini di beri nama “Putri Samudra”.

Posisi karang putri samudera ini sepintas mirip kepala seorang putri yang memakai mahkota dengan rambut yang terurai ke belakang. Posisi batu di sisi barat menghadap ke timur. Nah, di saat tertentu jika dalam posisi yang pas, kita bisa mendampatkan gambaran sunset dengan foreground putri sedang menghadap lembayung senja.

Gerbang Laut Pantai Srau

Rongga Laut Pantai Srau (Dok.Pacitanku)
Rongga Laut Pantai Srau (Dok.Pacitanku)

Pantai Srau terletak di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku memiliki tiga bagian utama, dan yang cukup unik adalah adanya gerbang laut di bagian pertama. Bagian ini adalah pantai yang letaknya tidak jauh dari pos tiket. Ombaknya besar dan warna laut masih biru laut serta pasir putih yang bersih. Di tengah laut menonjol beberapa bukit karang yang terlihat hidup ketika diterpa ombak yang besar, serta bukit karang yang terdapat lorong gerbang laut dibawahnya.

Pada lokasi pertama ini, yang paling menonjol dan merupakan keunikannya dibandingkan tiga lokasi lain adalah bebatuan karang yang mencuat dan banyak membentuk bukit di sekeliling bibir pantai. Sementara, perairannya, sangat jernih dengan dominasi warna biru, artinya tidak banyak alga dan kedalamannya cukup mengerikan. Untuk kondisi wilayah pasang surutnya berpasir bukan berbatu, serta ombaknya cukup ganas walau kadang tidak terlalu tinggi.

Candi Prambanan Pantai Pangasan

Pantai pangasan photo taken by @kallasyaifulh
Pantai pangasan photo taken by @kallasyaifulh

Pantai yang terletak di Desa Kalipelus Kecamatan Kebonagung ini memiliki batu karang yang jika dilihat sekilas mirip dengan candi Prambanan di Klaten, Jawa Tengah.  Batu  yang disebut warga setempat adalah Gunung Lanang ini sebenarnya merupakan tanjung kecil yang seolah dipahat alam sehingga dari timur nampak membentuk semacam lingga .

Watu Bale di Tulakan

Pantai Watu Bale, Tulakan. (Foto: Dok.Pacitanku)
Pantai Watu Bale, Tulakan. (Foto: Dok.Pacitanku)

Keberadaan pantai Watu Bale yang telertak di Desa Jetak, Kecamatan Tulakan ini tak lepas dari “jasa” para travellers yang mengabadikan momen berada di pantai Watu Bale, lalu kemudian membagikan di media sosial, yang muncul baru-baru ini.

Pantai ini termasuk destinasi wisata pantai di Pacitan yang tergolong baru, yang terletak di sisi timur Jalur Lintas Selatan (JLS) Pacitan. Yang menjadi ciri khas dari pantai ini adalah keberadaan batu karang yang mirip “bale”. Bale jika diartikan dalam bahasa jawa adalah balai, atau tempat untuk istirahat, sehingga karena ada batu karang mirip “balai-balai” maka dinamakan pantai ini dengan pantai Watu Bale.

Lumba-lumba Pantai Bakung

Pantai Bakung di Kalitani, Karangnongko, Kebonagung. (Foto; Dok. Pacitanku)
Pantai Bakung di Kalitani, Karangnongko, Kebonagung. (Foto; Dok. Pacitanku)

Salah satu yang memiliki ciri khas unik dengan bebatuan karangnya di Pacitan adalah pantai Bakung. Pantai yang terletak di Dusun Kalitani, Desa Karangnongko, Kecamatan Kebonagung ini memiliki ciri khas batu karang yang berbeda dari pantai lain di Pacitan. Pantai ini memiliki ciri khas ada batu karang dan bisa disebut pulau kecil  yang menyerupai ikan lumba-lumba, lengkap dengan ekor, badan yang gemuk dan mulut ikan yang lucu tersebut.  Ini adalah keunikan dari Pantai Bakung tersebut, dimana batu cadas unik di tumbuhi pepohonan hijau.


Selain disebut mirip ikan lumba-lumba, banyak traveller yang sering mengunjungi pantai ini menyebut pulau tersebut mirip dengan ikan paus atau bahkan ada yang menyebit mirip penyu atau kura-kura. Namun, yang lebih indah adalah kealamian dan pesona sejuk dan ombak besar di pantai ini yang menyajikan keindahan tersendiri bagi siapapun yang menikmatinya.

Watu Kuncir di Pantai Kuncir

Pantai Kuncir
Pantai Kuncir

Ada juga yang unik di pantai yang masih satu garis dengan pantai Pidakan ini. Adalah batuan karang yang sekilas mirip kepala orang dengan rambut dikuncir. Pantai Kuncir terletak di ebelah barat Pantai Pidakan di Dusun Godek Kulon, Desa Jetak Kecamatan Tulakan.

Batu Jamur Pantai Denombo

Pantai DenomboPantai Denombo atau ada juga yang menyebutnya Pantai Wedi Ombo merupakan bagian pantai yang masih satu spot dengan Pantai Sruni. Pantai ini masuk wilayah Desa Jlubang Kecamatan Pringkuku. Dan akses ke Pantai Denombo ini sudah terbilang mudah karna satu jalur dengan Pantai Watukarung.yang cukup unik, di pantai Denombo ada sebuah batu karang yang jika dilihat sekilas mirip jamur, sehingga menambah keindahan pantai yang masih sangat alami ini. (DPPP001)