Begini Strategi Pemkab Hijaukan Pacitan

oleh -382 views

Pacitanku.com, TULAKAN – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan untuk menghijaukan lingkungan Pacitan terus digalakkan. Selain upaya reboisasi yang merupakan program pemerintah, gerakan menhijaukan lahan juga diharapkan muncul dari masyarakat, salah satunya, melalui program tabungan hijau.

Menurut Bupati Drs H Indartato, MM, dalam keterangannya usai melakukan kerja bakti penanaman pohon di Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Kamis (7/1/2016) mengatakan bahwa sasaran tabungan hijau adalah pelajar sekolah dasar (SD).

Dikatakan Indartato, melalui program ini, setiap siswa yang akan masuk bangku sekolah, akan dibekali bibit tanaman untuk ditanam di pekarangan rumah masing-masing. Targetnya, dalam 5-6 tahun kedepan bibit pohon tersebut tumbuh besar dan akan menjadi tabungan anak jika saatnya nanti siap ditebang. ” Pemerintah akan bantu bibit pohon agar nantinya dapat dijadikan tabungan jika lulus sekolah,” jelasnya, dilansir dari laman SKPD Pacitan.


Diharapkan, melalui cara ini, selai muncul kesadaran dari orang tua,  juga memberikan pembelajaran pentingnya menjaga lingkungan kepada anak. 

Senada dengan Indartato, Bambang Supriyoko, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan mengatakan bahwa Pemkab selalu mempertimbangkan dua aspek. Penghijauan tidak hanya untuk menjaga kelestarian ekologi, namun juga penting secara ekonomi.

Hal ini cukup beralasan, mengingat sebagaian besar kawasan hutan Pacitan merupakan hutan rakyat.”Kepentingan masyarakat yang akan menjadikan hutan sebagai sumber mata pencaharian perlu juga kita jaga,” ujarnya.

Lebih lanjut Bambang Supriyoko menyatakan, masyarakat Pacitan saat ini sudah semakin tumbuh kesadaranya untuk menjaga lingkungan. Buktinya, gunung dan pekarangan semakin menghijau. Banyak hutan dan lahan  yang ditanami pohon sengon karena memiliki nilai ekonomi  cukup tinggi.

Tanam ratusan bibit pohon mahoni

Sebagaimana diketahui, pihak Kodim 0801 Pacitan bekerja sama dengan Dishutbun Pacitan menggelar aksi hijaukan jalur disepanjang jalan nKabupaten dan Provinsi. Kali ini kegiatan penghijauan dilakukan di jalur lintas selatan (JLS) ruas Dusun Godek Kulon Desa Jetak Kecamatan Tulakan.

Sebanyak 762 bibit pohon Maoni, ditanam di sepanjang jalur wilayah Pacitan timur. Mulai dari Kecamatan Tulakan, Ngadirojo dan Sudimoro. Ini mengulang kegiatan serupa yang sukses dilaksanakan tahun sebelumnya. Sebanyak 5.625 telah ditanam disepanjang jalur wilayah kecamatan Pacitan barat, meliputi Kecamatan Pringkuku, Punung dan Donorojo.


Mewakili Komandan Kodim 0801 Letkol Infanteri Yudi Dilianto Kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Infanteri Sunarto mengatakan, Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama pemerintah provinsi Jawa Timur dengan Kodam V Brawijaya untuk menghijaukan kawasan.

Harapanya kedepan kondisi alam akan tetap lestari demi generasi berikutnya. “Untuk merasakan hasilnya harus menunggu lama, untuk itu butuh kerjasama semua pihak untuk menjaganya,” katanya.

Dalam aksi penanaman tersebut, selain Bupati Pacitan Indartato, aksi penghijauan jalur lintas selatan ini juga dihadiri oleh ketua DPRD Ronny Wahyono, Camat Tulakan Erwin, Unsur Forkopinda jajaran Kodim 0801 serta pelajar dan masyarakat di kecamatan Tulakan.(Riz/SKPD/RAPP002)